Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Emtek (EMTK) Rampungkan PMTHMETD Rp9,29 Triliun, Siapa Saja Investornya?

Dalam keterangannya di Bursa Efek Indonesia (BEI), EMTK sudah melakukan private placement atau PMTHMETD dengan menerbitkan 4.757.945.063 atau 4,76 miliar saham baru, dengan harga pelaksanaan Rp1.954.
Finna U. Ulfah & Rinaldi M. Azka
Finna U. Ulfah & Rinaldi M. Azka - Bisnis.com 05 April 2021  |  17:15 WIB
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya. - emtek

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten media milik konglomerat Eddy Sariaatmadja, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) sudah melakukan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) dengan raihan dana segar Rp9,29 triliun.

Dalam keterangannya di Bursa Efek Indonesia (BEI), EMTK sudah melakukan private placement atau PMTHMETD dengan menerbitkan 4.757.945.063 atau 4,76 miliar saham baru, dengan harga pelaksanaan Rp1.954 dan nilai nominal Rp20. Dengan demikian, EMTK mengantongi dana Rp9,29 triliun dari aksi korporasi tersebut.

"PMTHMETD dilakukan pada 31 Maret 2021," papar keterangan manajemen Emtek, Senin (5/4/2021).

Sejumlah investor institusi yang mengambil saham Emtek ialah NAVER Corporation, H Holdings Inc., serta beberapa investor institusi dalam negeri antara lain, PT Asuransi Allianz Life Indonesia, PT Ashmore Asset Management Indonesia Tbk, PT Manulife Aset Manajemen Indonesia, PT Batavia Prosperindo Aset Manajemen, PT Elbara Perkasa, PT Syailendra Capital.

Sebelumnya, Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli mengungkapkan penerbitan saham baru ini sudah dimuat dan disebarluaskan melalui pengumuman keterbukaan Bursa Efek Indonesia dan situs jaringan resmi EMTK.

Penerbitan ini pun sudah disetujui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 18 Februari 2021. Kendati demikian, jumlah besaran saham yang akan diterbitkan dengan yang disepakati pada RUPSLB sedikit berbeda.

Saat RUPSLB, emiten bersandi EMTK ini meminta persetujuan penerbitan private placement dengan jumlah sebanyak-banyaknya 5.502.957.342 atau 5,5 miliar lembar saham atau 9,75 persen dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Adapun, dalam pengumumannya perseroan menerbitkan saham baru dengan jumlah sebanyak 4.757.945.063 atau 4,75 miliar lembar saham baru dengan nilai nominal Rp20 per saham. Jumlah tersebut turun 13,53 persen lebih sedikit dari jumlah yang disetujui para pemegang saham dalam RUPSLB.

"Dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, dana yang diterima perseroan dari pelaksanaan PMTHMETD, setelah dikurangi biaya-biaya terkait PMTHMETD, akan digunakan oleh Perseroan sepenuhnya untuk investasi dan memperkuat modal kerja dan pengembangan usaha Perseroan," jelas prospektus, dikutip Rabu (24/3/2021).

Dana private placement akan digunakan perseroan mendapatkan tambahan dana untuk keperluan investasi dan modal kerja guna mengembangkan kegiatan usaha Perseroan.

Selain itu, meningkatkan struktur permodalan dan keuangan perseroan akan meningkat positif. Jumlah saham Emtek yang beredar akan bertambah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

elang mahkota teknologi private placement sariaatmadja
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top