Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Private Placement Rp9,2 Triliun Emtek (EMTK), dari Dilusi hingga Rencana Investor Baru

Emtek akan menerbitkan 4.757.945.063 atau 4,75 miliar saham baru dengan potensi raihan dana Rp9,29 triliun.
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek

Bisnis.com, JAKARTA - Induk perusahaan SCTV dan Indosiar, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menargetkan penerbitan saham baru melalui skema private placement atau Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) dengan potensi dana segar Rp9,2 triliun. Dana ini sepenuhnya akan digunakan untuk modal perseroan.

Direktur dan Corporate Secretary Elang Mahkota Teknologi Titi Maria Rusli menyampaikan penerbitan saham baru ini sudah dimuat dan disebarluaskan melalui pengumuman keterbukaan Bursa Efek Indonesia dan situs jaringan resmi EMTK.

Penerbitan ini pun sudah disetujui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) pada 18 Februari 2021. Kendati demikian, jumlah besaran saham yang akan diterbitkan dengan yang disepakati pada RUPSLB sedikit berbeda.

Saat RUPSLB, emiten bersandi EMTK ini meminta persetujuan penerbitan private placement dengan jumlah sebanyak-banyaknya 5.502.957.342 atau 5,5 miliar lembar saham atau 9,75 persen dari jumlah saham yang ditempatkan dan disetor penuh perseroan.

Adapun, dalam pengumumannya perseroan menerbitkan 4.757.945.063 atau 4,75 miliar lembar saham baru dengan nilai nominal Rp20 per saham. Jumlah tersebut turun 13,53 persen lebih sedikit dari jumlah yang disetujui para pemegang saham dalam RUPSLB.

Adapun, harga pelaksanaan ditetapkan Rp1.954, sehingga perseroan dapat meraup dana private placement senilai Rp9,29 triliun.

"Dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, dana yang diterima perseroan dari pelaksanaan PMTHMETD, setelah dikurangi biaya-biaya terkait PMTHMETD, akan digunakan oleh Perseroan sepenuhnya untuk investasi dan memperkuat modal kerja dan pengembangan usaha," jelas prospektus, dikutip Rabu (24/3/2021).

Dana private placement akan digunakan perseroan mendapatkan tambahan dana untuk keperluan investasi dan modal kerja guna mengembangkan kegiatan usaha Emtek.

Selain itu, meningkatkan struktur permodalan dan keuangan perseroan akan meningkat positif. Jumlah saham perseroan yang beredar akan bertambah, sehingga diharapkan dapat meningkatkan likuiditas perdagangan saham perseroan.

"Perseroan dapat mengundang investor-investor strategis yang berminat menginvestasikan modalnya dalam perseroan dan dapat memberikan nilai tambah bagi kinerja perseroan," urainya.

Di sisi lain, dengan adanya sejumlah saham baru yang dikeluarkan, bagi pemegang saham Emtek akan mengalami penurunan atau dilusi kepemilikan saham secara proporsional sesuai dengan jumlah saham baru yang dikeluarkan yaitu sebanyak-banyaknya 8,88 persen.

Sementara itu, jumlah modal ditempatkan dan disetor perseroan sebelum pelaksanaan private placement sebesar 56.439.573.420 atau 56,43 miliar. Setelah pelaksanaan, total jumlah modal yang ditempatkan dan disetor berubah menjadi 61.197.518.483 atau 61,19 miliar lembar saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper