Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ramai Jual Beli Saham CENT Jelang Rights Issue Triliunan

Emiten dengan kode saham CENT ini akan menerbitkan saham baru sebanyak 34 miliar saham dengan skema rights issue. Nilai nominal rights issue ditetapkan Rp100 per saham.
Dwi Nicken Tari & Finna U. Ulfah
Dwi Nicken Tari & Finna U. Ulfah - Bisnis.com 21 Maret 2021  |  01:01 WIB
Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini (Kiri) dan Direktur Utama Centratama Menara Indonesia Yan Raymond (Kanan) saat meresmikan tender akusisi 1.054 menara. - XL Axiata
Direktur Utama XL Axiata Dian Siswarini (Kiri) dan Direktur Utama Centratama Menara Indonesia Yan Raymond (Kanan) saat meresmikan tender akusisi 1.054 menara. - XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten menara telekomunikasi PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. bersiap melakukan penambahan modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) atau rights issue dengan target dana jumbo.

Emiten dengan kode saham CENT ini akan menerbitkan saham baru sebanyak 34 miliar saham dengan skema rights issue. Nilai nominal rights issue ditetapkan Rp100 per saham.

“RUPLSB menyetujui rencana perseroan dalam melakukan Penawaran Umum Terbatas IV berdasarkan ketentuan POJK 32/2015 (sebagaimana diubah),” tulis manajemen Centratama Telekomunikasi dalam keterbukaan informasi, Kamis (18/3/2021).

Pada penutupan perdagangan Jumat (19/3/2021), saham CENT naik 3,94 persen atau 10 poin menjadi Rp264. Sebulan terakhir, saham CENT sudah melonjak 60 persen.

Sebagai percontohan, jika harga penutupan Rp264 menjadi harga pelaksanaan rights issue, maka setidaknya CENT dapat mengantongi dana jumbo senilai Rp8,97 triliun.

Apabila pemegang saham tidak melaksanakan HMETD miliknya, persentase kepemilikan saham atas perseroan akan terdilusi hingga sebanyak-banyaknya 52 persen.

Sebelumnya Sekretaris Perusahaan Centratama Telekomunikasi Indonesia Wiwik Septriandewi mengatakan dana yang dihimpun dari aksi korporasi itu akan digunakan perseroan untuk modal kerja dan belanja modal.

Transaksi Saham

Sebelum melakukan rights issue, sejumlah investor melakukan transaksi jual-beli saham CENT dalam jumlah besar. Misalnya saja saat emiten yang pernah mengakuisisi menara PT XL Axiata Tbk. (EXCL) itu kedatangan investor baru dari luar negeri, yaitu EP ID Holdings Pte. Ltd.

EP ID asal Singapura membeli saham CENT sebanyak 11,9 miliar saham dengan nilai Rp168 per saham pada 24 Februari 2021.

Transaksi senilai total Rp2 triliun itu dilakukan EP ID Holdings untuk investasi. EP ID Holdings kini memegang porsi saham CENT sebesar 38,3 persen dari sebelumnya tidak ada.

Transaksi yang dilakukan EP ID Holdings tercatat dalam transaksi crossing di pasar negosiasi pada perdagangan Rabu (24/2/2021). Berdasarkan data Bloomberg, EP ID Holdings masuk ke saham CENT melalui broker PT UOB Kay Hian Sekuritas.

Sementara itu, PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. menjual seluruh kepemilikan sahamnya atas Centratama Telekomunikasi Indonesia senilai Rp398,14 miliar.

Mengutip keterbukaan informasi perseroan di laman resmi Bursa Efek Indonesia (BEI), transaksi oleh emiten berkode saham TRIM itu dilakukan pada 4 Maret 2021 dan 10 Maret 2021.

Pada 4 Maret 2021 perseroan menjual sekitar 654,7 juta saham, sedangkan pada 10 Maret 2021 TRIM menjual sekitar 1,71 miliar saham CENT. Kedua transaksi itu dilakukan menggunakan harga Rp168 per saham, sehingga nilai transaksi itu Rp398,14 miliar.

Dengan demikian, TRIM yang semula menggenggam porsi saham CENT sebesar 7,6 persen, setelah transaksi dilakukan TRIM tidak lagi memiliki porsi saham atas CENT.

“Tujuan transaksi pelunasan Repo, status kepemilikan saham langsung, berdasarkan transaksi reverse Repo,” tulis Direktur Utama Trimegah Sekuritas Indonesia Stephanus Turangan seperti dikutip dari keterbukaan informasi, Selasa (16/3/2021).

Sebagai informasi, Repo adalah transaksi menjual efek dengan janji membeli kembali pada tanggal penyelesaian yang berbeda dengan harga yang telah ditetapkan. Kebalikannya, reverse Repo adalah transaksi membeli efek dengan janji menjual kembali pada waktu dan harga yang telah ditetapkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

northstar right issue centratama telekomunikasi indonesia patrick walujo
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top