Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengiklan di Sinetron Ikatan Cinta Bejibun, MNC Grup Kian Untung

Dalam foto unggahannya, pada 7 Maret 2021 episode 192, sinetron Ikatan Cinta mencatatkan 136 iklan dalam 4 segmen di luar sinetronnya, dan 17 iklan di dalam sinetron Ikatan Cinta.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 11 Maret 2021  |  19:26 WIB
Sinetron Ikatan Cinta. - Twitter
Sinetron Ikatan Cinta. - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Tingginya rating sinetron Ikatan Cinta membuat stasiun televisi RCTI kebanjiran pengiklan. Kisah cinta Andin dan Aldebaran ini bikin rating RCTI cetak sejarah.

Drama luaran anak usaha PT Media Citra Nusantara Tbk. (MNCN) tersebut berhasil memecahkan rekor rating dengan berada di pucuk daftar rating semua program TV untuk penayangan Selasa (23/2/2021). Sinetron yang dibintangi Amanda Manopo dan Arya Saloka meraih TVR 14,6 dan share 51,4 persen.  

Buah manis dari drama khas penonton televisi di Indonesia ini terbukti pada beberapa cerita yang tertangkap dalam media sosial Twitter. Dikutip dari cuitan @andhirarum, dia menghitung jumlah iklan dalam sekali tayangan drama Andin dan Aldebaran ini.

Dalam foto unggahannya, pada 7 Maret 2021 episode 192, sinetron Ikatan Cinta mencatatkan 136 iklan dalam 4 segmen di luar sinetronnya, dan 17 iklan di dalam sinetron Ikatan Cinta.
 
"Terpantau ada 136 iklan di luar sinetron dan 17 iklan di dalam sinetron Ikatan Cinta. Alhamdulillah, Mbak Andin sudah bertemu kembali dengan Mas Aldebaran. Mari merayakannya dengan makan enak," begitu cuit @andhirarum, dikutip Bisnis, Kamis (11/3/2021).

Akun tersebut bahkan membuat thread berapa banyak jumlah iklan yang ditayangkan selama jeda sinetron tersebut. Bahkan, dia merinci setiap ada jeda iklan, durasi penayangan iklan bisa mencapai 9 menit.

Tentu saja, jumlah iklan sebanyak ini akan masuk ke dalam kantong sang induk usaha, baik rumah produksi maupun stasiun televisi yang menayangkannya, seluruhnya bermuara pada emiten bersandi MNCN.

CEO sekaligus Pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengungkapkan rating stasiun televisi RCTI saja sudah menjadi yang tertinggi diantara kompetitor yang ada. Dengan demikian, sebagai pemimpin pasar, dia pun berstrategi agar stasiun televisi di dalam grupnya dapat turut bertumbuh.

"RCTI saja sudah luar biasa, 30 persen share-nya sendiri di TV, jadi RCTI saja dibandingkan dengan 5 kompetitor terbesar sudah baik, karena Ikatan Cinta, Amanah Wali 4, dan berbagai program spesial lainnya sudah sangat baik," katanya.

Banyaknya peminat pengiklan di RCTI tersebut, dimanfaatkannya dengan skema bundling, setiap pengiklan yang menginginkan spot di RCTI harus memesan spot secara paket bersama dengan iklan di stasiun TV milik grupnya pula seperti GTV, Inews TV, ataupun MNC TV. Dengan begitu, pendapatan secara grup menjadi lebih tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mnc iklan sinetron
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top