Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Benahi Kinerja 2021, Elnusa (ELSA) Pacu Diversifikasi Portofolio

Pada 2021, ELSA akan terus berupaya menggenjot performa terbaik melalui strategi diversifikasi portofolio yang tetap menjadi andalan sehingga dapat mencetak pertumbuhan kinerja.
Kru Kapal Elsa Regent milik PT Elnusa Tbk (ELSA) yang digunakan untuk survei seismik 2D dengan menggunakan teknologi 2D seismic marine broadband dan dikerjakan oleh single operator. Istimewa/Pertamina
Kru Kapal Elsa Regent milik PT Elnusa Tbk (ELSA) yang digunakan untuk survei seismik 2D dengan menggunakan teknologi 2D seismic marine broadband dan dikerjakan oleh single operator. Istimewa/Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Emiten jasa migas PT Elnusa Tbk., mencatatkan penurunan kinerja keuangan pada tahun lalu seiring dengan banyaknya tantangan bisnis akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan laporan keuangan perseroan, emiten berkode saham ELSA itu mencatatkan pendapatan Rp7,7 triliun pada 2020. Pencapaian itu turun 7,8 persen dibandingkan dengan perolehan 2019 sebesar Rp8,38 triliun.

Sejalan dengan itu, laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada entitas induk juga menyusut 30 persen menjadi Rp249,08 miliar dibandingkan dengan perolehan 2019 sebesar Rp356,47 miliar.

Direktur Keuangan Elnusa Hery Setiawan mengatakan bahwa keberagaman portofolio jasa yang dimiliki Elnusa mampu saling menopang satu sama lain dalam mendukung capaian kinerja konsolidasi pada 2020.

Menurut Hery, kendati terdampak triple shocks yaitu pandemi covid-19, fluktuasi harga minyak dunia, dan pelemahan kurs rupiah, perseroan masih mampu mencatatkan kinerja keuangan 2020 dengan baik.

“Keberhasilan melewati tahun 2020 dengan capain yang positif bukanlah hal yang mudah, ini merupakan prestasi yang patut disyukuri dan dibanggakan. Hal ini menjadi bukti serta komitmen Elnusa terhadap seluruh stakeholders,” ujar Hery seperti dikutip dari keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (2/3/2021).

Hery menjelaskan, ditengah ketidakpastian sektor hulu, segmen jasa hulu migas masih mampu menjaga kinerja berbekal total solution services yang dimiliki.

Beberapa proyek berhasil diselesaikan tanpa kendala berarti dan sebagian masih akan berlanjut hingga awal 2021 yaitu survei seismik 3D Jambi Merang, Survei Seismic 3D Tuban dan juga Survei Seismic 3D Batuk Utak.

Peningkatan produktivitas Hydraulic Workover Unit (HWU) dan Electric Wireline Logging (EWL) di pada blok-blok migas nasional.

Pada segmen Distribusi & Logistik Energi, jasa transportasi BBM dan trading BBM inmar mengalami sedikit tekanan. Namun, unit bisnis Pengelolaan Depo serta Perdagangan Chemical mampu tumbuh dengan baik karena adanya penambahan pengelolaan Depo baru serta peningkatan penjualan Chemical dalam rangka memenuhi kebutuhan aktivitas pengeboran minyak.

Sementara itu, jasa penunjang tetap menunjukkan kinerja terbaiknya dalam jasa pendukung marine, fabrikasi peralatan migas serta warehousing dokumen storage yang berhasil tumbuh sangat signifikan.

Adapun pada 2021, ELSA akan terus berupaya menggenjot performa terbaik melalui strategi diversifikasi portofolio yang tetap menjadi andalan sehingga dapat mencetak pertumbuhan kinerja.

ELSA akan melanjutkan pembangunan infrastruktur penyimpanan BBM maupun LPG dan melakukan penambahan armada untuk pendistribusian BBM ke seluruh masyarakat khususnya di luar pulau Jawa.

“Berbekal strategi yang dimiliki, kompetensi yang unggul dan pengalaman yang mumpuni, Elnusa optimis mampu mendukung pemerintah dalam merealisasikan produksi minyak 1 Juta BOPD, penambahan kapasitas peralatan maupun aset pada lini jasa yang jelas pangsa pasarnya, dan penjajakan berbagai bisnis baru kedepan,” papar Hery.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Finna U. Ulfah
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper