Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mandiri Sekuritas Sebut ORI019 Bisa Jadi Pilihan Diversifikasi Investasi

Ada banyak benefit dari surat berharga ritel seri ORI019 sehingga cocok untuk menjadi instrumen investasi.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 27 Januari 2021  |  14:13 WIB
PT Mandiri Sekuritas
PT Mandiri Sekuritas

Bisnis.com, JAKARTA — Instrumen surat berharga negara (SBN) ritel seri ORI019 yang baru saja diterbitkan pemerintah dinilai sebagai pilihan ideal untuk diversifikasi aset investasi. Selain itu, berinvestasi di instrumen satu ini juga dapat membantu ekonomi nasional.

Direktur Retail and Treasury Mandiri Sekuritas Theodora VN Manik mengatakan kehadiran ORI019 juga memudahkan masyarakat untuk melakukan diversifikasi dalam pengelolaan aset investasi mereka.

Pasalnya, ORI 019 dapat dimiliki dengan harga mulai dari Rp1 juta saja, hingga maksimal Rp3 miliar. Dengan tenor  selama 3 tahun, investor ORI019 akan menerima kupon yang dibayarkan pada tanggal 15 setiap bulannya, terhitung mulai tanggal 15 April 2021.

SBN ritel pertama di 2021 ini juga memberikan banyak manfaat bagi investor antara lain, menjaga nilai aset dengan kupon tetap (fixed rate) 5,57 persen per tahun, yang mana besarannya jauh di atas suku bunga acuan sebesar 3,75 persen.

Selain itu, ORI019 berpotensi memberikan capital gain karena dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah 1 kali pembayaran kupon atau melewati minimum holding period, serta memiliki fleksibilitas karena dapat dijaminkan kepada pihak lain.

Lebih lanjut, Theodora menyebut dengan berinvestasi pada ORI019, masyarakat Indonesia secara langsung turut membantu pemerintah dalam memenuhi kebutuhan APBN 2021 termasuk membiayai penanganan pandemi Covid-19, diantaranya untuk program vaksinasi.

“Dengan berinvestasi di ORI019, nasabah akan berperan langsung dalam pemulihan ekonomi nasional,” katanya dalam keterangan tertulis, seperti dikutip Bisnis, Rabu (27/1/2021)

Seperti diketahui, pemerintah telah memulai pelaksanaan program vaksinasi nasional dengan target 181,5 juta orang hingga 2022. Adapun estimasi belanja yang dibutuhkan untuk penyediaan vaksin dan program vaksinasi nasional diperkirakan lebih dari Rp73 triliun.

“Karena itu, masyarakat diharapkan dapat bersama-sama menjaga masa depan Indonesia pasca-pandemi Covid-19 dengan berinvestasi pada ORI019,” imbuhnya.

Masyarakat dapat berinvestasi di ORI019 dengan empat langkah mudah, yaitu melakukan registrasi daring di sbn.most.co.id, melakukan pemesanan, menyetorkan dana investasi melalui bank persepsi, dan menerima konfirmasi dengan memeroleh Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN).

"Mandiri Sekuritas sebagai salah satu mitra distribusi mendorong masyarakat untuk berinvestasi sekaligus berkontribusi pada negara melalui Obligasi Negara Ritel seri 019 (ORI019) sebagai resolusi di tahun 2021," tutup Theodora.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi Obligasi mandiri sekuritas ORI019
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top