Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Pacu Digitalisasi, SURGE (WIFI) Optimistis Kinerja Moncer

SURGE akan memiliki jaringan fiber optic berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa mulai pertengahan tahun 2021.
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G./REUTERS-Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - PT Solusi Sinergi Digital Tbk. atau SURGE optimistis kinerja perseroan dapat meningkat seiring dengan rencana pemerintah memacu digitalisasi.

Direktur Utama SURGE Hermansjah Haryono mengatakan sesuai instruksi dari Presiden Joko Widodo kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), pemerintah akan mempercepat proses transformasi digital dalam 2-3 tahun mendatang.

"Berarti agenda ini dipercepat, yang sebelumnya 10 tahun, sekarang hanya 2 -3 tahun saja karena transformasi digital sangat diperlukan saat menghadapi masa pandemi Covid-19," paparnya dalam keterangan resmi, Jumat (8/1/2021).

Dalam upaya mempercepat transformasi digital, Menkominfo tidak bisa jalan sendiri atau melibatkan pihak swasta, termasuk perusahaan telekomunikasi untuk perluasan infrastruktur internet.

"Ini merupakan sebuah peluang bagi SURGE yang bisnisnya erat dengan media telekomunikasi dan informasi, justru dengan dipercepatnya transformasi digital ini membuat SURGE menjadi semakin optimis untuk berkontribusi," imbuhnya.

Dengan adanya instruksi tersebut dari Presiden juga membuat SURGE memiliki tantangan baru untuk harus memikirkan dengan segera tentang perkembangan teknologi selanjutnya di tahun mendatang.

Berdasarkan keterangan Menteri Kominfo Johnny Plate bahwa 5G sudah diuji coba di Indonesia. Uji coba itu terkait pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, proses operasi jarak jauh, internet of things (IoT) untuk kota pintar (smart city) dan kendaraan otonom (autonomous vehicles) saat Asian Games 2018.

Beberapa kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi juga dimungkinkan mengadopsi 5G. Jaringan 5G akan menjadi game changer atau pengubah permainan dengan dampak yang luas pada konektivitas di Nusantara.

Teknologi ini juga dinilai menjadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi.

Direktur Teknologi SURGE Ricky Ananda mengatakan pengembangan 5G merupakan kesempatan emas bagi SURGE karena konsep bisnis perusahaan sangat mendukung proses transformasi digital, dengan mengkombinasikan Free Wi-Fi dan iklan.

"Sehingga memberikan akses internet kepada masyarakat luas yang handal dan terjangkau.”

Di samping itu, SURGE akan memiliki jaringan fiber optic berkapasitas besar di sepanjang jalur rel kereta milik PT Kereta Api Indonesia di Pulau Jawa mulai pertengahan tahun 2021. Hal ini ini sehingga dapat membantu proses fiberisasi bagi operator-operator telekomunikasi dengan penerapan teknologi 5G-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hafiyyan
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper