Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Lebih Cemerlang dari IHSG, Indeks Saham Ini Naik 3 Persen

ndeks saham IDX SMC Liquid mampu mencetak kenaikan 3,12 persen di sesi pertama perdagangan hari ini, melampaui kinerja IHSG.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  12:57 WIB
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (8/9/2020). Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil mencetak kenaikan tajam di sesi pertama tahun 2021. Di tengah kenaikan IHSG, saham-saham berkapitalisasi kecil dan menengah mencetak kenaikan 3 persen.

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup di level 6.139,21. pada akhir sesi pertama Kamis (7/1/2021). Indeks menguat 73,53 poin atau 1,21 persen setelah bergerak di rentang 6.090,36 hingga 6.144,01 sepanjang sesi pertama.

Sementara itu, indeks saham IDX SMC Liquid mampu mencetak kenaikan 3,12 persen di sesi pertama. Indeks yang berisi 54 saham tersebut menutup perdagangan sesi pertama di level 358,612.

IDX SMC Liquid merupakan indeks berisi saham dengan kapitalisasi kecil dan menengah yang dipilih dengan sejumlah kriteria, seperti faktor likuiditas perdagangan saham dan fundamental, serta rekomendasi analis. Dengan kata lain, saham berkapitalisasi kecil dan menengah ini bukan saham ‘kaleng-kaleng’.

Di sesi pertama, indeks IDX SMC Liquid bisa terbang tinggi berkat kinerja saham pertambangan yang memanas. Saham PT Vale Indonesia Tbk. mencetak kenaikan tertinggi di daftar indeks sebesar 17,67 persen. Kemudian disusul saham PT Harum Energy Tbk. dan PT Aneka Tambang Tbk. masing-masing 13,85 persen dan 12,16 persen.

Saham tambang lainnya, yaitu PT Timah Tbk. dan PT Indika Energy Tbk. juga menguat sebesar 12,15 persen dan 8,36 persen. Tidak ketinggalan, emiten migas juga meramaikan indeks IDX SMC Liquid, yakni PT Medco Energi Internasional Tbk. dan PT Elnusa Tbk. Saham kedua emiten itu menguat sebesar 6,57 persen dan 6,01 persen. 

Emiten Grup Sinarmas juga tampil cemerlang hingga sesi pertama hari ini. Saham PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. dan PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk. masing-masing menguat 5,32 persen dan 8,06 persen.

Begitu juga yang terjadi dengan saham emiten Grup Lippo. Saham PT Siloam International Hospitals Tbk. dan induknya PT Lippo Karawaci Tbk.mencetak kenaikan 10,34 persen dan 4,76 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham indeks saham
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top