Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gandeng Wijaya Karya (WIKA), Menteri Prancis Sebut BUMN Indonesia Mitra Terpercaya

Kerjasama WIKA IKON dan Matiere berawal pada tahun 2017 di hadapan Francois Hollande yang menjabat sebagai Presiden Prancis saat itu.
GEDUNG BUMN WIJAYA KARYA. Bisnis/Arief Hermawan P
GEDUNG BUMN WIJAYA KARYA. Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Urusan Perdagangan Luar Negeri dan Investasi Prancis Franck Riester mengungkapkan keberhasilan kerjasama positif antara PT Wijaya Karya Indonesia dan Konstruksi (WIKA IKON) dan perusahaan Prancis Matiere menunjukkan BUMN Indonesia merupakan mitra terpercaya.

"Kerja sama ini menunjukkan bahwa BUMN-BUMN Indonesia adalah mitra terpercaya," ujar Franck Riester di Balaraja, Tangerang, Banten pada Selasa (15/12/2020), mengutip Antara.

Menurut Mendag Prancis itu, kerjasama antara Matiere dan WIKA IKON merupakan kemitraan antara Indonesia dan Prancis yang dinilai sukses.

"Sungguh berbahagia untuk bisa meninjau contoh besar dari kemitraan Indonesia - Prancis yang sukses. Kerjasama saling menguntungkan antara WIKA IKON dan Matiere menggabungkan teknologi Prancis dengan keahlian (expertise) Indonesia di bidang metal transformation dan cost competitiveness," katanya.

Dirinya bangga ketika mengetahui teknologi jembatan modular unibridge, yang berhasil diterapkan di Prancis dan negara-negara lainnya, saat ini bisa diimplementasikan dalam membangun berbagai proyek infrastruktur berkualitas di Indonesia.

"Kerja sama ini berkontribusi pada pembangunan infrastruktur, bersamaan dengan peningkatan skill sumber daya manusia melalui pelatihan serta transfer teknologi, yang tetap menjadi prioritas utama dari pemerintah Indonesia," imbuhnya.

Frank juga menyampaikan bahwa kemitraan Prancis dan Indonesia di bidang infrastruktur dapat ditelusuri saat arsitek Prancis ternama, Paul Andreu merancang bandara Soekarno-Hatta dengan konsep dan tradisi khas Indonesia pada 1977.

Sejak saat itu, sejumlah perusahaan Prancis telah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan Indonesia dalam membangun berbagai proyek infrastruktur penting.

PT Wijaya Karya Industri & Konstruksi merupakan salah satu anak perusahaan dari BUMN Karya PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA yang bergerak di bidang industri dan pabrikasi baja.

Kerjasama WIKA IKON dan Matiere berawal pada tahun 2017 di hadapan Francois Hollande yang menjabat sebagai Presiden Prancis saat itu. Kedua perusahaan kemudian bekerjasama memanfaatkan pabrik WIKA IKON di Tangerang untuk memproduksi jembatan modular unibridge.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Hafiyyan
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper