Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Media Group Angkat Bicara Soal Permohonan PKPU China Sonangol

Media Group menyatakan China Sonangol Media Investment (CSMI) adalah entitas bisnis yang seluruh kegiatan operasionalnya tidak terkait dengan Media Group.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 20 November 2020  |  21:16 WIB
Sebuah crane tengah beroperasi di proyek Wisma Pertamina. Proyek tersebut  digarap oleh PT Acset Indonusa Tbk. pada 2018. - acset
Sebuah crane tengah beroperasi di proyek Wisma Pertamina. Proyek tersebut digarap oleh PT Acset Indonusa Tbk. pada 2018. - acset

Bisnis.com,JAKARTA— Media Group angkat bicara soal permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang terhadap PT China Sonangol Media Investment yang diajukan oleh PT Acset Indonusa Tbk. (ACST).

CEO Media Group Moh. Mirdal Akib mengatakan China Sonangol Media Investment (CSMI) adalah entitas bisnis yang seluruh kegiatan operasionalnya tidak terkait dengan Media Group. Menurutnya, permohonan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) oleh mitra bisnis adalah langkah bisnis biasa.

“Pengaduan yang dilakukan oleh mitra bisnis CSMI ke PKPU adalah  langkah bisnis biasa yang tidak ada keterkaitan dengan Media Group,” ujarnya dalam pernyataan resmi yang diterima, Jumat (20/11/2020) malam.

Seperti diketahui, Acset Indonusa melayangkan permohonan PKPU terhadap CSMI selaku pengembang Gedung Indonesia 1. Langkah itu dilakukan karena CSMI belum membayar tagihan atas jasa pekerjaan konstruksi gedung.

Adapun, tagihan diajukan oleh kerja sama operasional (KSO) yang terdiri atas ACSET, China Construction Eighth Engineering Division Corp. Ltd., dan PT Bintai Kindenko Engineering Indonesia.

Sekretaris Perusahaan Acset Indonusa Maria Cesilia Hapsari menyebut kepastian pembayaran diperlukan untuk menjaga kinerja keuangan dan memenuhi modal kerja dalam operasional perseroan. ACST tidak menutup kemungkinan ada perdamaian apabila CSMI setuju melakukan pembayaran sebelum pemeriksaan perkara dilakukan.

“Apabila perseroan tidak mengajukan permohonan PKPU, maka KSO tidak memeroleh kepastian pembayaran dari CSMI atas tagihan prestasi pekerjaan yang telah diselesaikan oleh KSO,” ujarnya.

Untuk diketahui, Acset Indonusa merupakan kontraktor pembangunan Gedung Indonesia One yang berlokasi di Jalan M.H Thamrin, Jakarta Pusat. Gedung kembar setinggi 303 meter ini dibangun oleh PT China Sonangol Media Investment (CSMI), perusahaan patungan antara PT China Sonangol Land dan Media Group milik pengusaha Surya Paloh. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

surya paloh pkpu acset indonusa
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top