Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dalam 5 Tahun, Manulife AM Catatkan Pertumbuhan AUM Reksa Dana Syariah 1.000 Persen

Dana kelolaan MAMI pada produk reksa dana syariah tumbuh lebih dari 1000 persen dari September 2015 hingga September 2020.
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 19 November 2020  |  16:34 WIB
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha
ILUSTRASI REKSA DANA. Bisnis - Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Manulife Asset Management Indonesia (MAMI) mencatatkan pertumbuhan dana kelolaan yang cukup pesat untuk produk reksa dana syariah dalam lima tahun terakhir.

Director & Chief Legal, Risk and Compliance Officer/Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) MAMI Justitia Tripurwasani mengatakan, dana kelolaan MAMI pada produk reksa dana syariah tumbuh lebih dari 1000 persen dari September 2015 hingga September 2020.

“Hingga akhir September 2020, MAMI mengelola dana sebesar Rp7,5 triliun pada 8 jenis reksa dana syariah,” ungkapnya dalam webinar virtual, Rabu (18/11/2020).

Disebutkannya, mengutip dari website OJK pertumbuhan industri reksa dana syariah di Indonesia mengalami kenaikan pesat jauh melampaui reksa dana konvensional dalam lima tahun terakhir.

Industri reksa dana syariah di Indonesia mengalami pertumbuhan di atas 600 persen, jauh melampaui pertumbuhan reksa dana konvensional yang tumbuh sekitar 80 persen pada periode September 2015 hingga September 2020.

Bahkan, dalam setahun terakhir AUM reksa dana syariah juga masih tumbuh sebesar 29 persen, sementara reksa dana konvensional mengalami penurunan 9,7 persen.

Namun, secara nominal AUM reksa dana syariah masih lebih kecil dibandingkan reksa dana konvensional.

Berdasarkan data statistik OJK per akhir Oktober 2020, AUM reksa dana syariah adalah sebesar Rp71,65 triliun, hanya 13,52 persen dari total dana kelolaan industri reksa dana.

“Kami melihat ini sebagai peluang mengingat lebih dari 80 persen populasi Indonesia adalah muslim dan semakin banyak orang yang mencari tempat menyimpan uang atau berinvestasi dengan syariat Islam,” terangnya.

Di sisi lain, Director Interim President Director MAMI Afifa menyatakan salah satu upaya yang dilakukan MAMI untuk menyongsong tahun depan adalah dengan membuka keberagaman akses yakni kemudahan investor dalam melakukan investasi reksa dana.

“Kami akan tetap akan meluncurkan beberapa reksa dana syariah baru ke depannya karena tentunya solusi investasi yang disesuaikan dengan nasabah menjadi tanggung jawab kita dalam menambah dan membesarkan AUM reksa dana syariah,” sebutnya.

Adapun, hingga saat ini, MAMI telah memiliki 20 rekan perbankan dan 10 rekan online distribusi reksa dana.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

syariah reksa dana manulife aset manajemen
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top