Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dapat Kredit dari Bank Mandiri (BMRI), Sillomaritime (SHIP) Beli Kapal Tanker

Direktur Utama Sillomaritime Perdana Herjati melaporkan Petrocean Indo Pasifik (PIP) membeli satu unit kapal dari Sembrani Maritime Ltd.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 18 November 2020  |  21:10 WIB
Aktivitas operasional PT Sillo Maritime Perdana Tbk. - sillomaritime.com
Aktivitas operasional PT Sillo Maritime Perdana Tbk. - sillomaritime.com

Bisnis.com, JAKARTA — Emiten pelayaran PT Sillomaritime Perdana Tbk. membeli satu unit kapal oil tanker melalui anak usaha PT Petrocean Indo Pasifik.

Direktur Utama Sillomaritime Perdana Herjati melaporkan Petrocean Indo Pasifik (PIP) membeli satu unit kapal dari Sembrani Maritime Ltd. Keduanya tidak memiliki hubungan afiliasi.

“Estimasi nilai transaksi US$18,50 juta,” tulisnya melalui keterbukaan informasi di laman Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (18/11/2020).

Herjati mengungkapkan sumber pendanaan transaksi berasal dari modal sendiri. Selain itu, emiten berkode saham SHIP itu mendapatkan pembiayaan kredit dari PT Bank Mandiri (Pesero) Tbk. (BMRI).

“[Dampak kejadian] meningkatkan total nilai aset perseroan dan menunjang kegiatan operasional secara langsung,” jelasnya.

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan Sillomaritime Perdana Nadya Victaurine mengatakan perseroan telah merealisasikan belanja modal US$5 juta sampai dengan akhir kuartal III/2020. Alokasi capital expenditure (capex) itu menurutnya digunakan untuk pembelian tiga unit kapal.

“Sisa anggaran [capex] senilai US$5 juta masih dalam rencana manajemen untuk direalisasikan sebelum akhir 2020,” ujarnya kepada Bisnis, baru-baru ini.

Nadya mengungkapkan emiten berkode saham SHIP itu masih mempertimbangkan untuk merancang aksi korporasi. Tujuannya, untuk memperkuat pondasi bisnis perseroan.

SHIP, lanjut dia, telah memperoleh fasilitas pinjaman US$4 juta pada kuartal III/2020. Dana itu akan digunakan untuk refinancing tiga kapal yang baru dibeli tahun ini.

Sebagai catatan, SHIP membidik pendapatan US$78,79 juta pada 2020. Dari situ, perseroan menargetkan laba bersih US$24,04 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bank mandiri Sillomaritime
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top