Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Omnibus Law, Saham BUMN Karya Moncer dalam Sepekan

Dalam sepekan terakhir, saham BUMN karya melesat. Rencana pemerintah menerbitkan aturan omnibus law yang memberikan kemudahan dalam perencanaan, penyiapan, dan pelaksanaan proyek strategis nasional menjadi katalis positif bagi perusahaan konstruksi, termasuk bumn karya.
Foto udara pembangunan konstruksi ruas jalan tol  Padang-Sicincin di Jl Bypass KM 25, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (19/6/2020). Proyek jalan tol Padang - Sicincin merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di bidang jalan bebas hambtan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra
Foto udara pembangunan konstruksi ruas jalan tol Padang-Sicincin di Jl Bypass KM 25, Kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, Jumat (19/6/2020). Proyek jalan tol Padang - Sicincin merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) di bidang jalan bebas hambtan. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

Bisnis.com, JAKARTA - Kinerja saham badan usaha milik negara di sektor konstruksi atau BUMN karya cukup impresif dalam sepekan terakhir. Rencana penerbitan aturan turunan omnibus law Undang-undang Cipta Kerja menjadi salah satu katalis positif.

Pada akhir sesi pertama perdagangan hari ini, Kamis (12/11/2020), tiga dari empat saham BUMN Karya terkoreksi. Saham PT Waskita Karya (Persero) Tbk. turun 1,0 persen ke level 920. 

Begitu juga dengan saham PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. dan PT PP (Persero) Tbk. yang turun masing-masing 0,36 persen dan 0,98 persen. Hanya saham PT Adhi Karya (Persero) Tbk. yang menguat sebesar 0,73 persen.

Kendati demikian, berdasarkan posisi penutupan di akhir sesi I, empat saham BUMN karya kompak menguat dalam sepekan terakhir. Saham WSKT naik 22,67 persen dalam sepekan terakhir dan menjadi kenaikan tertinggi diantara tiga saham BUMN karya lainnya.

Sementara itu, kinerja saham WIKA, PTPP, dan ADHI dalam sepekan terakhir masing-masing naik 12,15 persen, 9,78 persen, dan 16,95 persen.

Kenaikan saham BUMN karya sejalan dengan langkah pemerintah untuk menerbitkan sejumlah aturan turunan dari  Undang-undang Cipta Kerja. Dilansir dari laman uu-ciptakerja.go.id, pemerintah sudah mempublikasikan draft rancangan Peraturan Pemerintah tentang Kemudahan Berusaha Bagi Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN).

Pelaksanaan PSN terkait erat dengan kinerja perusahaan konstruksi, termasuk BUMN karya. 

Dalam rancangan PP tersebut, pemerintah memberikan fasilitas Kemudahan Berusaha dalam Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional kepada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan/atau Badan Usaha.

Fasilitas Kemudahan berusaha diberikan dalam tahap perencanaan, penyiapan, transaksi, konstruksi, dan operasi & pemeliharaan.

Selain fasilitas kemudahan tersebut, kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan Proyek Strategis Nasional mendapatkan kemudahan dalam pengadaan barang/jasa pemerintah, panel konsultan, dan panel badan usaha.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper