Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda
Situs Pabrik Semen Gresik.  - Semen Gresik
Premium

Prospek Emiten Semen 2021, di Tengah Pemulihan Ekonomi dan Omnibus Law Jokowi

11 November 2020 | 12:45 WIB
Industri semen nasional diperkirakan bertumbuh positif pada 2021 seiring dengan pemulihan ekonomi, maraknya pembangunan, dan percepatan regulasi melalui Omnibus Law.

Bisnis.com, JAKARTA - Industri semen diperkirakan kembali bergeliat pada 2021 seiring dengan optimisme berakhirnya masa pandemi Covid-19. Emiten produsen semen pun telah bersiaga untuk menangkap peluang tersebut dalam rangka memperbaiki kinerja yang tertekan selama 2020.

Direktur Utama PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk. Christian Kartawijaya memperkirakan permintaan semen nasional akan pulih dengan pertumbuhan 4 persen — 5 persen pada 2021 dari pertumbuhan negatif -9 persen sampai dengan -11 persen pada tahun ini.

“[Perkiraan] ini tentunya kami buat karena melihat angka bujet infrastruktur yang sekitar Rp280 triliun tahun ini menjadi Rp414 triliun tahun depan,” kata Christian dalam paparan publik secara daring, Selasa (10/11/2020).

Selain optimisme dari kenaikan anggaran infrastruktur dari pemerintah yang sebesar 47 persen secara tahunan itu, Christian juga melihat sentimen positif konsumsi semen dari pengesahan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

Dengan berlakunya omnibus law, diperkirakan lebih banyak realokasi berbagai pabrik ke kawasan industri di Indonesia.

Christian berpendapat realokasi itu bukan hanya isapan jempol semata karena memang sudah ada beberapa pabrik yang mulai memindahkan lokasi pabrik ke kawasan industri di wilayah Cikampek.

Silakan masuk/daftar untuk melanjutkan membaca Konten Premium

Dan nikmati GRATIS AKSES 8 artikel Konten Premium!

Masuk / Daftar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top