Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sebelum Libur Panjang, Cek Dulu Rekomendasi Saham Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa (27/10/2020), sesi terakhir pada pekan ini. Sejumlah saham-saham unggulan jadi rekomendasi para sekuritas.
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawan beraktifitas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan bakal kembali melanjutkan penguatan pada perdagangan Selasa (27/10/2020), sesi terakhir perdagangan di pekan ini.

Kemarin, IHSG ditutup menguat 31,86 poin atau 0,62 persen ke posisi 5.144,04. Pada perdagangan kemarin, investor asing mencetak net buy sebanyak Rp128 miliar.

Direktur PT Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengatakan menjelang luur panjang, IHSG terlihat berusaha keluar dari rentang konsolidasi wajar. Dia memperkirakan indeks akan bergerak ke level resistance terdekat atau batas atas kenaikan yang masih bisa ditembus.

Menurut William, fluktuasi nilai tukar Rupiah serta harga komoditas masih akan turut mewarnai pergerakan IHSG. Capital outflow secara year to date juga akan turut memberikan sentimen terhadap pola gerak IHSG.

"Hari ini IHSG berpotensi pada zona hijau dengan range [pergerakan] 4.889 hingga 5.188," tulisnya dalam keterangan resmi, Selasa (27/10/2020).

Pada perdagangan hari ini, Indosurya Sekuritas memberikan rekomendasi saham untuk tujuh emiten, yaitu BBCA, TLKM, ICBP, ITMG, SMGR, BBRI, dan AALI.

Sementara itu, Samuel Sekuritas menilai IHSG masih terus berlanjut dalam bias sideways di tengah minimnya sentimen penggerak pasar. "Market akan relatif sepi menjelang libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW," tulis analis Samuel Sekuritas William Mamudi dalam laporan riset harian.

Sebagaimana diketahui, pemerintah menetapkan cuti bersama pada 28 Oktober 2020 dan 30 Oktober 2020 menyusul peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada 29 Oktober 2020. Alhasil, perdagangan sepanjang pekan ini hanya berlangsung selama dua sesi.

Secara teknikal, Samuel Sekuritas merekomendasikan saham MNCN, MDKA, SSIA, BRPT dengan rating trading buy.

Berikut uraian singkat dari Samuel Sekuritas

  • MNCN berhasil breakout dari resisten 835 dengan rising volume. Pola triangle yang terbentuk memberi indikasi lanjutan bullish sentiment. Target resisten bisa perhatikan level 960-980.
  • MDKA melanjutkan momentum trading pasca rebound dari level support 1,500. Selama uptrend line solid, potensi MDKA kembali uji resisten 2,000-2,100.
  • SSIA berhasil breakout dari level resisten 480 dengan spiking volume, dan kini throwback market. Potensi untuk rebound dan rally ini berlanjut selama uptrend line tidak patah.
  • BRPT berlanjut bullish, dan kini uji level resisten 950. Peluang akan breakout dari level resisten ini, dan rally pun berlanjut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Rivki Maulana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper