Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pede Penjualan Masih Tumbuh, Catur Sentosa (CSAP) Andalkan Omnichannel

Catur Sentosa Adiprana (CSAP) menilai, para pembeli bahan bangunan akan tetap datang ke toko fisik. Akan tetapi di saat yang sama, perkembangan digital juga tak bisa diabaikan karena kanal online telah menjadi bagian dari gaya hidup.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 24 September 2020  |  17:52 WIB
Gerai Mitra10 yang dikelola anak usaha PT Catur Sentosa Adiparana Tbk. - csap
Gerai Mitra10 yang dikelola anak usaha PT Catur Sentosa Adiparana Tbk. - csap

Bisnis.com, JAKARTA — PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) meyakini kinerja penjualan bakal tetap tumbuh kendati pandemi virus corona belum usai. Perseroan mengandalkan strategi omnichannel untuk menjaga kinerja penjualan.

Direktur Catur Sentosa Adiprana Warit Jintanawan mengatakan kinerja perseroan tidak lepas dari tekanan pandemi kendati penjualan bahan bangunan masih diperbolehkan beroperasi.

Dia menyebut saat PSBB pertama penjualan CSAP melalui lini bisnis utama perseroan yakni gerai bahan bangunan Mitra 10 turun sekitar 10-15 persen dibandingkan kondisi normal. Namun, hal tersebut berhasil diatasi perseroan dengan melakukan sejumlah penyesuaian.

“Kita akali dengan cost-saving, lalu adjust the product, dan kurangi di promosi, sehingga kita bisa naikkan margin produk. Itu jadi kompensasi dari turunnya demand selama PSBB pertama,” tuturnya dalam paparan daring yang diadakan Samuel Sekuritas, Rabu (23/9/2020).

Tak hanya itu, perseroan pun menggenjot utilisasi “gerai” daringnya selama pandemi. Selain selain sebagai cara untuk menjaga kinerja, Jintanawan menyebut ekspansi melalui platform digital menjadi strategi perseroan untuk jangka panjang.

Dia menuturkan, sebagai bisnis yang bergerak di bidang bahan bangunan, para pelanggan mayoritas akan tetap datang ke toko fisik. Akan tetapi di saat yang sama perkembangan digital juga tak bisa diabaikan karena kanal online telah menjadi bagian dari gaya hidup.

“Jadi untuk penjualan ritel ini kami akan fokus pada strategi omnichannel, ekspansi toko fisik tidak akan berhenti, tapi online juga akan terus dikembangkan karena di masa depan semua akan semakin online,” papar Jintanawan.

CSAP sendiri saat ini memiliki 35 gerai Mitra 10 yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada 2020 perseroan menargetkan bisa menambah 6 gerai baru tapi hanya akan direalisasikan 4 gerai karena pertimbangan pandemi.

“Kita agak waswas soal demand dan cashflow, jadi tahun ini 4 saja,” imbuh Jintanawan.

Pada paruh pertama tahun ini perseroan telah meresmikan satu toko barunya di Lombok. Sementara sisanya pada semester II, CSAP akan membuka masing-masing satu toko di Jabodetabek, Jawa Timur, dan Kalimantan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kinerja Emiten catur sentosa adiprana
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top