Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tak Kebal Efek PSBB Jakarta, Saham Telekomunikasi Ikut Merana

Sektor telekomunikasi yang seharusnya mendapat sentimen positif dari pemberlakukan PSBB ternyata tidak berdaya seiring dengan pelemahan IHSG.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 10 September 2020  |  11:23 WIB
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id
Pendar cahaya dari lampu gedung Telkom Landmark Tower, kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. - tlt.co.id

Bisnis.com, JAKARTA— Saham-saham telekomunikasi dan menara ikut berguguran di tengah pelemahan indeks harga saham gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini, Kamis (10/9/2020).

Berdasarkan pantauan Bisnis per pukul 10.00, IHSG terkoreksi 4,05 persen ke level 4.940,88. Dari seluruh saham yang diperdagangkan, hanya 30 saham yang menghijau, 80 stagnan, sedangkan 400 saham kebakaran.

Di antaranya, empat saham operator telekomunikasi terbesar kompak memerah. Saham PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) mengalami pelemahan paling dalam bahkan terkena auto reject bawah (ARB) dengan koreksi 6,90 persen ke level Rp81 per saham.

Kemudian ada saham PT XL Axiata Tbk. (EXCL) yang terkoreksi 5,48 persen ke level Rp2.070 per saham, disusul oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) yang turun 5.00 persen ke level Rp2.660 per saham.

Selanjutnya, PT Indosat Tbk. (ISAT) juga memerah dengan pelemahan 3,15 persen ke level Rp2.150 per saham.

Di grup emiten menara dan infrastruktur telekomunikasi, kondisinya juga tak jauh berbeda. Menemani FREN, PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk. (CENT) juga terkena ARB dengan pelemahan 6,92 persen ke level Rp121 per saham.

Adapun, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG) dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk. (TOWR) masing-masing terkoreksi 3,25 persen ke level Rp1.190 per saham dan 2,42 persen ke level Rp1.010 per saham.

Sementara PT Bali Towerindo Sentra Tbk. (BALI) dan PT Gihon Telekomunkasi Indonesia Tbk. berdiam di zona kuning alias tak beranjak dari posisinya semula.

Dua dari saham-saham ini juga menjadi buruan asing pada perdagangan hari ini. Tercatat, TOWR menempati urutan pertama dalam daftar saham paling banyak diborong asing dengan total nilai Rp8,6 miliar.

Begitu pula dengan ISAT yang mengekor di belakangnya dengan mencatatkan net foreign buy senilai Rp2,6 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

IHSG saham emiten menara Emiten Telekomunikasi
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top