Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelanggan dan ARPU XL Axiata (EXCL) Naik Tipis di Semester I/2020

Jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta, sedangkan pendapatan per pengguna atau average revenue per user (ARPU) periode kuartal ini ada di angka Rp 36 ribu untuk prabayar dan Rp 111 ribu untuk pascabayar.
Dhiany Nadya Utami
Dhiany Nadya Utami - Bisnis.com 27 Agustus 2020  |  11:51 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA — Selain berhasil membukukan pertumbuhan pendapatan, emiten telekomunikasi PT XL Axiata Tbk. (EXCL) juga mencatatkan pertumbuhan kinerja operasional. 

Berdasarkan publikasi resmi perseroan, per akhir kuartal kedua 2020 ini, jumlah pelanggan meningkat tipis menjadi 55,67 juta dari 55,49 di kuartal sebelumnya. Pun, tingkat penetrasi pengguna smartphone mencapai 87 persen dari total pelanggan atau relatif stabil dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai 86 persen.

Adapun untuk pendapatan per pengguna atau average revenue per user (ARPU) periode kuartal ini, ada di angka Rp 36 ribu untuk prabayar dan Rp 111 ribu untuk pascabayar. ARPU campuran tercatat menjadi Rp 37 ribu dari sebelumnya Rp 36 ribu.

Perseroan juga tercatat terus menambah jaringannya. Per akhir Juni 2020 lalu, EXCL tercatat memiliki total lebih dari 139 ribu Base Transceiver Station (BTS). Jumlah ini meningkat sekitar 10% dari jumlah BTS periode yang sama tahun lalu.

Dari total tersebut, sebanyak 49.744 merupakan BTS 4G. Sementara itu, jika dilihat dari luas cakupan wilayah, jaringan 4G milik XL Axiata telah melayani pelanggan di 456 kota/kabupaten di hampir semua provinsi yang ada di Republik Indonesia.

Presiden Direktur & CEO XL Axiata Dian Siswarini menyatakan perseroan juga menyiapkan jaringan menuju 5G, dengan melanjutkan proses fiberisasi jaringan. Pun, hingga saat ini proses ini sudah mencapai 60 persen dari total target di tahun 2020.

Menurutnya, fiberisasi ini juga sekaligus mendukung peningkatan kualitas jaringan data di setiap area karena salah satu manfaat dari proses ini adalah kapasitas jaringan transport menjadi lebih besar.

 “Fiberisasi terbukti mampu meningkatkan kualitas jaringan untuk menopang sejumlah layanan data dengan kapasitas besar, seperti antara lain live video streaming,” ujar Dian seperti dikutip Bisnis, Kamis (27/8/2020)

Dari sisi kondisi finansial, neraca perusahaan tetap sehat dengan saldo kas yang lebih tinggi setelah mendapat tambahan dari hasil penjualan menara. Free Cash Flow (FCF) juga ada pada tingkat yang sehat, yaitu sebesar Rp 2,76 triliun meski ada peningkatan capex untuk merealisasikan komitmen pembangunan jaringan.

Dia juga mengatakan saat ini perseroan tidak memiliki pinjaman dalam denominasi US Dollar, 45 persen di antaranya berbunga floating dan masa jatuh tempo yang tidak bersamaan.

Untuk ke depannya, EXCL juga mengembangkan layanan broadband untuk segmen keluarga XL Home termasuk memperluasan jaringannya danmengembangkan cara atau model baru yang efektif untuk meningkatkan homepass.

“Hasilnya terbukti efektif dan turut meningkatkan jumlah sambungan yang saat ini sudah mencapai 65 ribu pelanggan,” ungkap Dian.

Hingga saat ini XL Home sudah melayani pelanggan di sejumlah kota besar, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Makassar, Balikpapan, Banjarmasin, Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung. XL Home telah membangun jaringan fiber optik yang bisa menjangkau sekitar 350 ribu homepass.

Layanan masa depan selanjutnya yang telah disiapkan adalah Live.On. Layanan ini memungkinkan setiap pengguna mendapatkan kendali penuh atas layanan data paket data yang besar dengan satu kuota untuk menentukan semua aplikasi yang dibutuhkan, jaringan, dan masa waktu penggunan.

Pengguna juga akan mendapatkan kecepatan akses yang maksimal, akumulasi sisa data hingga 1.000 GB. Layanan ini sepenuhnya digital. Perseroan berharap layanan ini akan menjawab ekspektasi pelanggan di masa depan yang memiliki karakter sangat dinamis.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata Kinerja Emiten
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top