Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Japfa Akuisisi 100 Persen Saham So Good Food Rp1,2 Triliun

Manajemen Japfa menyatakan akuisisi So Good Food adalah langkah strategis dalam memperluas bisnis hilir.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 29 Agustus 2020  |  15:50 WIB
Kantor Japfa Comfeed - Ilustrasi/shareinv.com
Kantor Japfa Comfeed - Ilustrasi/shareinv.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. mengumumkan rencana akuisisi 100 persen saham PT So Good Food senilai Rp1,2 triliun. Akuisisi tersebut merupakan transaksi afiliasi karena kedua perusahaan dimiliki oleh pihak yang sama, Japfa Ltd.

Akuisisi saham tersebut termaktub dalam perjanjian jual beli bersyarat yang ditekan pada 28 Agustus 2020. Japfa dan anak usahanya PT CIomas Adisatwa akan mengambil alih 100 persen saham So Good Food dari pihak Anona Pte Ltd dan Jupiter Foods Pte Ltd. 

Akuisisi ini juga (termasuk pembelian saham sejumlah 1000 saham Seri A atau 0,004% saham yang telah ditempatkan dan disetor dalam SGFM yang dimiliki oleh Jupiter. Nilai transaksi mencapai Rp1,21 triliun dan bukan termasuk transaksi material karena hanya 10,6 persen dari total ekuitas Japfa.

Berdasarkan laporan Japfa kepada Bursa Efek Indonesia, 28 Agustus 2020, pembayaran akan dilakukan dalam dua bentuk. Pertama dibayar tunai pada 30 November 2020, terdiri dari Rp363,18 miliar dari Japfa ke Jupiter plus Rp18,2 juta, dan Rp1,03 miliar dari Ciomas Adisatwa ke Anona.

Kedua, pembayaran dilakukan dalam bentuk penerbitan promissory notes kepada Jupiter senilai Rp849,89 miliar. Instrumen itu akan dibayar oleh perseroan berdasarkan permintaan Jupiter. Promissory Note tersebut akan dikenakan bunga sejak 16 April

2021 sebesar JIBOR (1 bulan) +2,25 persen per tahun, yang dihitung per hari berdasarkan perhitungan per tahun 365 hari, sampai Promissory Note tersebut dibayar oleh Perseroan.

Menurut manajemen Japfa, akuisisi So Goof Food adalah langkah strategis dalam memperluas bisnis hilir, yaitu dengan memperbesar kapasitas fasilitas produksi daging olahan. Selain itu, akuisisi juga dimaksudkan untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan langsung produk olahan kepada konsumen. 

"SGF memiliki jaringan saluran pemasaran yang telah lama berdiri, yaitu saluran distribusi, komunikasi, dan layanan yang berinteraksi dengan pasar tradisional dan modern," tulis manajemen Japfa.

Secara umum, akuisisi So Good Food akan membuat bisnis perunggasan Japfa di sektor hulu terintegrasi dengan sektor hilir. Transaksi pengambilalihan saham itu juga bagian dari strategi integrasi vertikal. Artinya, produksi lokal untuk konsumsi lokal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

japfa comfeed Kinerja Emiten
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top