Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

PPI Klaim Tetap Laba dan Jaga Margin di Semester I/2020

Meskipun mengalami penurunan laba, margin laba bersih PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI pada semester I/2020 masih mengalami kenaikan berkat efisiensi.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 06 Agustus 2020  |  23:17 WIB
Dua model menunjukkan logo baru PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).  - Antara
Dua model menunjukkan logo baru PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). - Antara

Bisnis.com, JAKART – Meski mengalami penurunan laba bersih akibat dampak pandemi Covid-19, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI masih mampu menjaga margin keuntungan pada semester I/2020.

Direktur Utama PPI Fasika Khaerul Zaman menjelaskan meski pandemi Covid-19 memengaruhi berbagai lini bisnis, termasuk PPI. Kondisi ini menjadi penyebab laba bersih perseroan menurun menjadi Rp29 miliar pada semester I/2020.  

Meski begitu, dia mengatakan bahwa perseroan menilai posisi bottom line yang masih profit menjadi nilai positif di tengah situasi pandemi. Selain itu, menurutnya, meski laba menurun, margin laba bersih perseroan mampu meningkat berkat efisiensi.

Net profit margin meningkat tipis dari 2,56 persen pada semester I/2019 menjadi 2,59 persen pada semester I/2020, karena PPI melakukan efisiensi operasional yang baik, di mana hal tersebut wajib dilakukan khususnya di masa seperti ini untuk menjaga profit margin,” jelasnya melalui keterangan resmi, Kamis (6/8/2020).

Fasika menambahkan hasil positif juga ditunjukkan dengan meningkatnya arus kas yang diperoleh dari aktivitas operasi perusahaan. Posisi arus kas tersebut mengalami peningkatan dari Rp46 miliar, menjadi Rp114 miliar.

“Hal ini merupakan indikator penting yang menyebabkan kondisi kami bagus. Cash flow operasi kami meningkat lebih dari dua kali lipat, nyaris tiga kali lipat. Hal ini tentunya merupakan indikator positif buat kami,” tuturnya.

Dia memaparkan hasil positif tersebut ditopang oleh produk pertanian, pupuk, dan bisnis perdagangan lainnya. PPI, lanjutnya, juga berhasil melakukan ekspor ikan laut untuk terus mengembangkan pangsa pasar internasional dan.

Dalam waktu dekat, dia mengatakan PPI juga akan melakukan ekspor komoditi kopi ke Perancis. Selain itu, PPI akan kembali mengekspor arang batok ke berbagai negara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdagangan laporan keuangan pt perusahaan perdagangan indonesia (ppi)
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top