Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Akhirnya! Indofood CBP (ICBP) Dapat Restu Akuisisi Pinehill

Pemegang saham ICBP menyetujui rencana akuisisi seluruh saham PCL dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar Senin (3/8/2020).
Ria Theresia Situmorang
Ria Theresia Situmorang - Bisnis.com 03 Agustus 2020  |  20:18 WIB
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk Anthoni Salim (kanan) memberikan penjelasan kepada awak media usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan
Direktur Utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk Anthoni Salim (kanan) memberikan penjelasan kepada awak media usai rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST) dan luar biasa, di Jakarta, Rabu (29/5/2019). - Bisnis/Dedi Gunawan

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten konsumer PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. (ICBP) resmi mendapat lampu hijau dari investor untuk mengakuisisi Pinehill Company Limited (PCL).

Melalui siaran pers perseroan Senin (3/8/2020) pemegang saham ICBP menyetujui rencana akuisisi seluruh saham PCL dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang juga diselenggarakan hari ini.

“Dengan demikian, seluruh persyaratan awal rencana transaksi sebagaimana dimaksud dalam informasi kepada pemegang saham sehubungan dengan rencana akuisisi saham yang dipublikasikan pada tanggal 8 Juni 2020, telah terpenuhi,” tulis manajemen.

Adapun, ICBP semula dijadwalkan mengadakan RUPSLB bersamaan dengan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang dilaksanakan pada Rabu (15/7/2020). Namun, dalam informasi di Harian Bisnis Indonesia, Selasa (14/7/2020), direksi ICBP menyampaikan bahwa RUPSLB ditunda penyelenggaraannya.

Penundaan tersebut berkaitan dengan perseroan yang masih disyaratkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mengumumkan perubahan dan/atau tambahan informasi kepada pemegang saham terkait rencana transaksi akuisisi seluruh saham PCL.

Tak lama berselang, pada Jumat (17/7/2020), mayoritas pemegang saham independen dari perusahaan pengendali PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF), First Pacific Company Limited juga menyetujui akuisisi PCL oleh ICBP.

Berdasarkan keterangan yang diterima Bisnis, dalam rapat yang diselenggarakan pada hari itu, 52,27 persen dari total pemegang saham yang hadir dalam pertemuan yang berlangsung di Hong Kong itu menyetujui aksi korporasi bernilai jumbo tersebut.

Dengan komposisi lebih dari 50 persen suara mendukung aksi korporasi tersebut, maka First Pacific Company menyerahkan kewenangan pengambilan keputusan akuisisi PCL kepada ICBP.

Dalam keterangan informasi akuisisinya, ICBP juga sebelumnya mengestimasikan pertumbuhan laba bersih hingga 20 persen per tahun akibat dari akuisisi PCL.

“Berdasarkan analisis inkremental, dengan rencana transaksi yang dilakukan, ICBP dapat meningkatan pendapatan maupun laba bersih hingga rata-rata sekitar 20 persen per tahun dibandingkan dengan tanpa dilakukannya rencana transaksi,” tulis manajemen dalam keterangannya, Senin (8/6/2020).

Dikutip dari laporan keuangan konsolidasian per 31 Desember 2019 yang diterbitkan di Harian Bisnis Indonesia, perseroan membukukan kenaikan laba bersih sebesar 10,12 persen, menjadi Rp5,03 triliun pada tahun 2019.

Dengan kalkulasi perhitungan manajemen, maka pada tahun ini perseroan bisa saja meraup laba bersih hingga Rp6,04 triliun setelah transaksi akuisisi diselesaikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

akuisisi indofood indofood cbp sukses makmur
Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top