Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Beli Tiga Kapal, Pelayaran Nelly (NELY) Rogoh Kocek Rp27 Miliar

Manajemen memastikan pembelian tiga kapal akan dieksekusi pada 2020. Secara keseluruhan, Pelayaran Nelly memiliki 22 kapal dari beragam jenis.
Lorenzo Anugrah Mahardhika
Lorenzo Anugrah Mahardhika - Bisnis.com 24 Juni 2020  |  17:45 WIB
Operasional kapal tunda atau tug boat milik PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. - nellydwiputri.co.id
Operasional kapal tunda atau tug boat milik PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. - nellydwiputri.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk. menyiapkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) sebesar Rp27 miliar untuk membeli tiga kapal baru.

Direktur Utama PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk Tjahya Tjugiarto mengatakan perseroan akan membeli tiga kapal tunda atau tugboat dengan mesin berdaya 2x289 tenaga kuda. Armada baru akan menambah jumlah kapal yang dimiliki perseroan saat ini sebanyak 22 kapal.

“Kami telah menyiapkan kas internal untuk membeli kapal-kapal ini,” ujarnya dalam paparan publik melalui video streaming, Rabu (24/6/2020).

Ia melanjutkan, perusahaan sebenarnya telah bersiap untuk membeli lebih dari tiga unit kapal pada tahun ini. Namun, karena pandemi virus corona, pihaknya memutuskan untuk memangkas belanja modal yang akan dilakukan tahun ini guna menjaga kesehatan keuangan perusahaan.

Selain itu, pembelian tiga unit kapal tersebut pun diperkirakan akan tertunda selama beberapa bulan. Meski demikian, pihaknya memastikan tiga unit kapal tersebut akan dibeli pada tahun ini.

“Sebelumnya sudah antisipasi untuk membeli lebih banyak (kapal), tetapi kami tunda. Pembelian ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan perusahaan,” jelasnya.

Dilansir dari laman resmi perusahaan, NELY memiliki dua unit kapal tunda berukuran dibawah 600 hp yang dibeli pada tahun 1977 dan 1983. Sementara itu, sebanyak 22 unit kapal tunda berukuran 600 hp hingga 2060 hp dibeli dalam rentang tahun 1989 hingga 2019.

NELY memiliki lima unit kapal tongkang dengan ukuran 130 kaki hingga 220 kaki yang dibeli dalam rentang 1983 hingga 1998. Sementara itu, kapal tongkang dengan ukuran 260 kaki hingga 300 kaki yang berjumlah 20 unit dibeli pada periode 2006 sampai 2019.

Perusahaan juga memiliki sebuah kapal kontainer dengan kapasitas 265 twenty-foot equivalent units (TEUS) yang dibeli pada tahun 2004.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran pelayaran nelly
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top