Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Investor Antusias, Bursa Eropa Ditutup Naik Tajam 1,64 Persen

Reli bursa Eropa berhasil berlanjut pada akhir perdagangan hari keempat berturut-turut, Kamis (28/5/2020), di tengah meningkatnya antusiasme seputar dibukanya kembali aktivitas perekonomian di penjuru dunia.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 29 Mei 2020  |  04:57 WIB
Bursa Efek Frankfurt. -  Alex Kraus / Bloomberg
Bursa Efek Frankfurt. - Alex Kraus / Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Reli bursa Eropa berhasil berlanjut pada akhir perdagangan hari keempat berturut-turut, Kamis (28/5/2020), di tengah meningkatnya antusiasme seputar dibukanya kembali aktivitas perekonomian di penjuru dunia.

Pergerakan indeks Stoxx Europe 600, yang mewakili saham perusahaan-perusahaan di 17 negara kawasan Eropa, ditutup di level 355,47 dengan kenaikan tajam 5,72 poin atau 1,64 persen dari level penutupan perdagangan sebelumnya.

Pada perdagangan Rabu (27/5/2020), indeks Stoxx berakhir di level 349,75 dengan penguatan 0,24 persen atau 0,83 poin.

Penguatan bursa Eropa berlanjut sehari setelah Uni Eropa mengusulkan dana pemulihan senilai €750 miliar (US$825 miliar) untuk membantu ekonomi Benua Biru melalui resesi mendalam yang disebabkan oleh pandemi virus corona (Covid-19).

Sementara itu, Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde mengatakan ekonomi zona euro akan terkontraksi antara 8 persen dan 12 persen tahun ini.

“Dengan pembukaan kembali ekonomi global secara bertahap, para investor memperhitungkan kembali prospek pemulihan. Pergeseran ke arah momentum pertumbuhan positif biasanya sangat mendukung aset-aset berisiko,” terang pakar strategi di Goldman Sachs, dikutip dari Market Watch.

Di antara indeks saham utama penopang kenaikan Stoxx pada Rabu adalah indeks FTSE 100 Inggris (+1,21 persen), CAC 40 Prancis (+1,76 persen), DAX Jerman (+1,06 persen), dan indeks FTSE MIB Italia (+2,46 persen).

Sementara itu, saham Cineworld Group Plc. yang melonjak 21,43 persen membukukan kenaikan terbesar pada indeks Stoxx. Operator rantai film ini mengantisipasi bahwa pembatasan pemerintah terkait bioskop akan dicabut di masing-masing wilayahnya pada Juli.

Lonjakan saham Cineworld diikuti saham IWG Plc. (+15,14 persen) dan Pirelli & C. S.p.A. (+8,19 persen). Sebaliknya, saham Rolls-Royce Holdings Plc. mencatat pelemahan tertajam dengan turun 7,83 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bursa eropa indeks stoxx 600 bursa global
Editor : Hafiyyan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top