Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jumlah Pasien Mitra Keluarga (MIKA) Turun

Penurunan jumlah pasien antara lain disebabkan imbauan pemerintah untuk tidak pergi ke rumah sakit jika keadaan tidak mendesak.
Pandu Gumilar
Pandu Gumilar - Bisnis.com 14 Mei 2020  |  15:02 WIB
RS Mitra Keluarga. - Wikigogo
RS Mitra Keluarga. - Wikigogo

Bisnis.com, JAKARTA – Emiten rumah sakit PT Mitra Keluarga Karyasehat Tbk. mengalami penurunan jumlah pasien memasuki kuartal II/2020.

Investor Relation Mitra Keluarga Karyasehat Aditya Wijaya mengatakan memasuki April 2020 terjadi penurunan jumlah pasien rawat inap dan rawat jalan. Menurutnya hal itu karena instruksi pemerintah agar tidak ke rumah sakit bila tidak perlu.

“Memasuki April memang terjadi penurunan karena instruksi, kami tidak pungkiri itu. Namun, saya rasa semua mengalami hal tersebut karena Covid-19 memang berdampak pada keseluruhan,” katanya kepada Bisnis, Kamis (14/5/2020).

Oleh sebab itu, emiten berkode saham MIKA itu tidak dapat memberikan proyeksi tahun ini. Meskipun pada awalnya perseroan optimistis bisa menaikkan pendapatan sampai 15 persen pada akhir tahun. 

Namun, Aditya mengatakan kinerja industri secara keseluruhan berada di tangan pemerintah untuk bisa mengontrol wabah Covid-19.

Untuk diketahui, pada 2019, MIKA membukukan laba bersih sebesar Rp730,14 miliar, naik 19 persen dibandingkan dengan 2018. Adapun pada kuartal I/2020, laba bersih naik 8,62 persen menjadi Rp198,77 miliar.

Aditya mengatakan kontribusi pendapatan dari penanganan Covid-19 terhadap kinerja kuartal I/2020 masih minim. Pasalnya wabah baru merebak pada akhir Maret 2020. Meski demikian, perseroan masih mendedikasikan RS Mitra Keluarga Jatiasih khusus untuk melayani pasien Covid-19.

“Kaitan Covid-19 dengan pendapatan ada tapi belum banyak. Kami ditopang oleh pendapatan lain yang berasal dari realisasi investasi seperti reksa dana,” pungkasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rumah sakit mitra keluarga covid-19
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top