Penundaan Tarif Impor China Dorong Indeks Stoxx Keluar dari Zona Merah

Bursa saham Eropa bangkit dari penurunan pada Selasa (13/8/2019), menyusul langkah Amerika Serikat yang menunda tarif sejumlah barang impor dari China.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 14 Agustus 2019  |  05:43 WIB
Penundaan Tarif Impor China Dorong Indeks Stoxx Keluar dari Zona Merah
Bursa Eropa - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Eropa bangkit dari penurunan pada Selasa (13/8/2019), menyusul langkah Amerika Serikat yang menunda tarif sejumlah barang impor dari China.

Dilansir reuters, Kantor Perwakilan Perdagangan AS menyatakan pemerintah akan menunda pemberlakuan tarif 10 persen untuk produk-produk tertentu dari China setelah September, termasuk produk laptop dan ponsel. Selain itu, pemerintah juga mengeluarkan daftar barang impor yang akan dibebaskan sama sekali dari tarif.

Langkah ini mendukung kembali minat terhadap aset berisiko setelah serangkaian sentimen negatif telah menekan pasar selama beberapa sesi terakhir.

Saham-saham komoditas, produsen mobil, dan sektor teknologi mendapat keuntungan terbesar di Eropa, dan membantu indeks Stoxx Europe 600 ditutup menguat 0,5 persen, setelah sebelumnya sempat melemah hingga 0,8 persen hari ini.

"Apa yang kita lihat sekarang dengan pengumuman ini adalah perkembangan positif yang jelas," kata Ken Odeluga, analis pasar di City Index, seperti dikutip Reuters.

"Ini jelas dianggap sebagai bantuan bagi pasar karena pengumuman ini menunjukkan kesediaan untuk berkompromi dari kedua belah pihak," lanjutnya.

Namun, Odeluga meragukan kelanjutan reli hari Selasa mengingat adanya volatilitas pasar baru-baru yang dipicu oleh kekhawatiran resesi, memburuknya ketegangan di Hong Kong, serta jatuhnya pasar Argentina.

Indeks DAX Jerman yang bergantung pada ekspor naik 0,6 persen, pulih setelah data menunjukkan jatuhnya sentimen ekonomi di kalangan investor Jerman. Investor akan mengamati dengan seksama data pertumbuhan ekonomi kuartal kedua Jerman yang dirilis Rabu (14/8).

Menurunnya ketegangan perdagangan juga mengangkat harga minyak mentah danm membuat sektor energi menjadi salah satu yang mendapat keuntungan tertinggi di indeks Stoxx.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bursa eropa

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top