Pelindo II Siapkan IPO Pelabuhan Tanjung Priok

PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tengah mempersiapkan rencana penawaran umum perdana saham entitas anak, PT Pelabuhan Tanjung Priok, yang telah masuk ke dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan 2019.
M. Nurhadi Pratomo
M. Nurhadi Pratomo - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  17:43 WIB
Pelindo II Siapkan IPO Pelabuhan Tanjung Priok
Suasana bongkar muat peti kemas di Jakarta International Container Terminal, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (8/1/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA — PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) tengah mempersiapkan rencana penawaran umum perdana saham entitas anak, PT Pelabuhan Tanjung Priok, yang telah masuk ke dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan 2019.

Direktur Keuangan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Widyaka Nusapati menuturkan perseroan telah memasukan rencana initial public offering (IPO) anak usaha, Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) ke dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2019. Kendati demikian, pihaknya menyebut akan mengikuti arahan sesuai dengan kebijakan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) selaku pemegang saham.

Widyaka menyebut IPO sebagai upaya untuk membuat entitas anak usaha tersebut menjadi lebih transparan. Selain itu, diharapkan terjadi peningkatan tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG).

“Alhamdulillah dari sisi permodalan kami cukup,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Selasa (11/6/2019).

Berdasarkan data dalam laporan tahunan 2017 Pelindo II, PTP didirikan pada 10 Juni 2013. Entitas anak itu menjadi pengelola Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, yang melayani kapal penumpang serta barang domestik dan mancanegara.

Adapun, bidang usaha PTP terdiri atas dua kelompok usaha yakni penyediaan dan pelayanan jasa kepelabuhanan serta terkait dengan kepelabuhanan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ipo, tanjung priok, pelindo ii

Editor : Riendy Astria

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top