Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PREDIKSI IHSG KAMIS (25/4/2019) : IHSG Menuju Level Resistance, Cermati Sejumlah Saham Ini

Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi menuju level resistance pada perdagangan Kamis (25/4/2019).
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Jumat (5/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat
Karyawan memantau pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di salah satu perusahaan sekuritas di Jakarta, Jumat (5/4/2019)./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA—Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) berpotensi menuju level resistance pada perdagangan Kamis (25/4/2019).

Pada akhir perdagangan Rabu (24/4/2019), IHSG kembali mendarat di zona merah sebesar 0,23% atau 14,93 poin ke level 6.447. Selama perdagangan, indeks terpantau hanya mampu bertahan sebentar di area positif dengan menyentuh level tertinggi sebesar 6.472.

Adapun pelemahan tersebut tertekan oleh sektor pertanian dan sektor industri dasar yang masing-masing turun 1,93% dan 1,51%.

Hanya sektor properti dan sektor perdagangan yang ditutup menghijau dengan pertumbuhan masing-masing sebesar 0,50% dan 0,41%.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), tercatat investor asing melakukan aksi jual (net sell) senilai Rp620,42 triliun. Secara ytd, investor asing masih net buy senilai Rp14,51 triliun.

Saham GGRM, MKPI, BRPT, UNTR, dan PWON terpantau sebagai penggerak utama (top movers) indeks sementara saham CPIN, UNVR, BBRI, BDMN, dan HMSP tampil sebagai pemberat (laggards).

Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan menyampaikan koreksi IHSG setelah menguat pada perdagangan sebelumnya lebih disebabkan oleh minimnya sentimen.

“Di sisi lain, investor masih cenderung wait and see menunggu keputusan penetapan suku bunga Bank Indonesia,” kata Dennies dalam riset hariannya, seperti dikutip pada Kamis (25/4/2019).

Dengan begitu, Dennies memperkirakan IHSG pada Kamis (25/4/2019) dapat menguat meski terbatas dan untuk jangka pendek. Pasalnya, investor masih akan mengantisipasi rilis data investasi langsung asing (foreign direct investment/FDI) dan hasil rapat dewan gubernur Bank Indonesia dalam menetapkan tingkat suku bunga acuan.

Secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menyampaikan bahwa MACD telah membentuk pola dead cross di area negatif. Sementara itu, Stochastic dan RSI masih berada di area netral. 

“Meskipun demikian, terlihat pola bullish inside bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan pada pergerakan IHSG sehingga berpeluang menuju ke area resistance,” tulis Nafan.

Adapun Dennies memperkirakan IHSG pada Kamis (25/4/2019) akan bergerak di kisaran 6.411—6.489 dengan sejumlah saham yang dapat dicermati a.l. SCMA, ITMG, PTBA, ANTM, dan MEDC.

Sementara itu, Nafan melihat IHSG berpeluang bergerak ke 6.412—6.490 dengan rekomendasi saham a.l. AALI, ACES, AUTO, INCO, ISAT, dan KAEF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dwi Nicken Tari
Editor : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper