Aramco Ambil Alih Saham Sheel di JV Senilai US$631 Juta

Saudi Aramco akan mengakuisisi 50% saham Royal Dutch Shell (RDSa.L) di perusahaan patungan mereka dengan Shell, yakni SASREF. Nilai akuisisi mencapai mencapai US$631 juta.
Hafiyyan | 22 April 2019 04:46 WIB
Fasilitas minyak Abqaiq Saudi Aramco di Arab Saudi timur - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA—Saudi Aramco akan mengakuisisi 50% saham Royal Dutch Shell (RDSa.L) di perusahaan patungan mereka dengan Shell, yakni SASREF. Nilai akuisisi mencapai mencapai US$631 juta.

Dikutip dari Reuters, dengan pembelian ini Aramco akan menguasai 100% saham SASREF. Aksi korporasi tersebut bertujuan memperluas ekspansi bisnis hilir. Dengan estimasi US$1 setara dengan Rp14.000, maka nilai akuisisi sekitar Rp8,83 triliun.

“Akuisisi diharapkan rampung akhir tahun ini,” paparnya Aramco dan Sheel dalam keterangan resmi bersama.

Saudi Aramco Shell Refinery Co. (SASREF) berbasis di Kota Industri Jubail, Arab Saudi. Perusahaan memiliki kapasitas penyulingan minyak mentah sebesar 305.000 barel per hari (bph).

“Saudi Aramco akan mengambil kepemilikan penuh dan mengintegrasikan kilang ke dalam portofolio hilirnya. SASREF akan terus menjadi fasiliras penting dalam bisnis penyulingan dan bahan kimia kami,” papar senior vice president of downstream Aramco Abdulaziz al-Judaimi.

Aramco bertujuan menjadi pemimpin global dalam bahan kimia dan perusahaan energi terintegrasi terbesar di dunia. Oleh karena itu, perusahaan memperluas operasi bisnis pemurnian dan produk petrokimia.

Adapun, untuk Shell, penjualan 50% saham itu merupakan strategi bisnis untuk fokus ke portofolio pengilangan, dan berintegrasi dengan pusar perdagangan dan bahan kimia. Dalam beberapa tahun terakhir Shell telah menjual aset lebih dari US$30 miliar.  

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Harga Minyak, saudi aramco

Sumber : Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup