Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Investor Cermati Data Tenaga Kerja AS, Bursa Jepang Rebound

Bursa saham Jepang berhasil rebound dan berakhir menguat pada perdagangan hari ini, Senin (11/3/2019), saat investor mencermati data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS).

Bisnis.com, JAKARTA – Bursa saham Jepang berhasil rebound dan berakhir menguat pada perdagangan hari ini, Senin (11/3/2019), saat investor mencermati data ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS).

Indeks Topix ditutup menguat 0,57% atau 9 poin di posisi 1.581,44 dari level penutupan perdagangan sebelumnya. Pada Jumat (8/3), Topix berakhir melorot 1,82% atau 29,22 poin di level 1.572,44, pelemahan hari keempat berturut-turut.

Saham SoftBank Group Corp. dan Hitachi Ltd. yang masing-masing naik 2,18% dan 5,61% menjadi pendongkrak utama Topix mematahkan rangkaian pelemahannya hari ini.

Sejalan dengan Topix, indeks Nikkei 225 berhasil membukukan kenaikan pertama dalam lima hari perdagangan terakhir. Nikkei hari ini ditutup menguat 0,47% atau 99,53 poin di level 21.125,09, setelah berakhir anjlok 2,01% atau 430,45 poin di level 21.025,56 pada perdagangan Jumat.

Dari 225 saham yang diperdagangkan pada indeks Nikkei, 168 saham menguat, 50 saham melemah, dan 7 saham stagnan. Saham SoftBank Group Corp. (+2,18%) dan Hitachi Ltd. (+5,61%) menjadi pendongkrak utamanya.

Seperti diberitakan Bloomberg, data tenaga kerja AS yang dirilis pada Jumat (8/3) menunjukkan beragam hasil.

Angka kepegawaian menyentuh level terlemahnya dalam lebih dari satu tahun, tetapi tingkat pengangguran menurun lebih besar dari perkiraan. Adapun data konstruksi rumah baru AS rebound lebih dari yang diperkirakan pada Januari.

“Melihat rata-rata [angka] kepegawaian di AS dua bulan sebelumnya, [kondisi] kepegawaian berada pada pijakan yang kokoh, dan rebound dalam angka perumahan menjadi pertanda baik,” ujar Nobuhiko Kuramochi, kepala informasi investasi di Mizuho Securities Co. di Tokyo.

“Kita tidak perlu pesimistis tentang prospek di ekonomi AS,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper