Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daftar Saham Indeks Bisnis-27 Terbaru, ANTM, BRIS, INCO, MEDC Masuk

Saham ANTM, BRIS, INCO, dan MEDC resmi masuk sebagai konstituen terbaru Indeks Bisnis-27.
Saham ANTM, BRIS, INCO, dan MEDC resmi masuk sebagai konstituen terbaru Indeks Bisnis-27. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Saham ANTM, BRIS, INCO, dan MEDC resmi masuk sebagai konstituen terbaru Indeks Bisnis-27. Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan saham ANTM, BRIS, INCO, dan MEDC resmi masuk sebagai konstituen terbaru Indeks Bisnis-27

Berdasarkan pengumuman BEI, dikutip Kamis (25/4/2024) empat saham tersebut menggantikan posisi CPIN, INTP, ISAT, dan MTEL yang keluar dari indeks. Penerapan daftar indeks terbaru ini akan berlaku pada 2 Mei 2024 hingga 31 Juli 2024.

Seiring pengumuman tersebut, Indeks Bisnis-27 dibuka melemah sebesar 0,77% atau 4,47 poin menuju level 575,69 pada hari ini. Dari 27 konstituen yang masuk dalam daftar, sebanyak 10 saham naik, lalu 13 saham menurun, dan 4 saham stagnan.

Selain Indeks Bisnis-27, BEI juga melakukan evaluasi terhadap indeks lainnya, termasuk Indeks LQ45, IDX30 dan IDX80. Namun, IDX30 hanya mencatatkan perubahan minor, atau bobot saham anggota konstituen. 

Sebelumnya, BEI akan melakukan rebalancing indeks utama seperti indeks LQ45, IDX30, dan IDX80 setiap 3 bulan sekali dari sebelumnya 6 bulan sekali. Kebijakan baru ini akan berlangsung mulai April 2024.  

Sekretaris Perusahaan BEI Kautsar Primadi Nurahmad mengatakan BEI melakukan penyesuaian ketentuan evaluasi beberapa indeks saham yang akan berlaku sejak evaluasi April 2024. 

Penyesuaian ini dilakukan sebagai salah satu upaya BEI untuk mengikuti perkembangan pasar modal dan memenuhi kebutuhan indeks yang lebih relevan dengan dinamika pasar saat ini.  

"Penyesuaian dilakukan atas dua ketentuan, yaitu terkait periode evaluasi dan kriteria universe dari indeks-indeks tersebut," ujar Kautsar dalam keterangan resminya, Kamis (28/3/2024).  

Pertama, evaluasi mayor yang sebelumnya dilakukan dua kali pada Januari dan Juli dengan periode efektif Februari dan Agustus akan dilakukan menjadi 4 kali pada Januari, April, Juli, dan Oktober dengan periode efektif per Februari, Mei, Agustus, dan November.  

Dengan demikian, pada April 2024 telah dilakukan evaluasi mayor atas indeks-indeks tersebut, menggantikan evaluasi minor yang berlaku berdasarkan ketentuan sebelumnya. 

Kedua adalah kriteria universe Indeks IDX80. Sebelum penyesuaian, kriteria universe untuk Indeks IDX80 yaitu saham-saham konstituen IHSG yang tercatat lebih dari 6 bulan dan 150 saham dengan nilai transaksi tertinggi di pasar reguler selama 12 bulan terakhir.  

Sesudah penyesuaian tersebut, terdapat penambahan kriteria universe Indeks IDX80, yaitu tidak pernah disuspensi dan selalu ditransaksikan setiap hari dalam 6 bulan terakhir, hingga memiliki minimum rasio free float sebesar 10%.  

Penyesuaian akan berlaku pada evaluasi mayor April 2024 dan efektif pada hari bursa pertama Mei 2024, kecuali ketentuan mengenai minimum rasio free float yang akan berlaku pada evaluasi mayor Oktober 2024 dan efektif pada hari bursa pertama November 2024. 

Kautsar menyatakan melalui penyesuaian ketentuan itu, BEI berharap konstituen indeks yang terpilih dapat lebih sesuai dengan tujuan dan tema indeks, sekaligus menjadi sumber informasi bagi investor dalam mengambil keputusan investasinya. 

Berikut Daftar Indeks Bisnis-27 periode Mei-Juli 2024

  1. ADRO
  2. AKRA
  3. AMRT
  4. ANTM (baru)
  5. ASII
  6. BBCA
  7. BBNI
  8. BBRI
  9. BMRI
  10. BRIS (baru)
  11. BRPT
  12. CTRA
  13. EXCL
  14. ICBP
  15. INCO (baru)
  16. INKP
  17. JSMR
  18. KBLF
  19. MAPI
  20. MEDC (baru)
  21. MIKA
  22. MYOR
  23. PGAS
  24. SMGR
  25. TLKM
  26. TOWR
  27. UNTR

Keluar: CPIN, INTP, ISAT, MTEL

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper