Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Batu Bara Perpanjang Kenaikan

Harga batu bara berhasil memperpanjang penguatannya pada akhir perdagangan Selasa (10/7/2018).
Angkutan batu bara di sungai Mahakam, Samarinda, Kaltim./REUTERS-Beawiharta
Angkutan batu bara di sungai Mahakam, Samarinda, Kaltim./REUTERS-Beawiharta

Bisnis.com, JAKARTA – Harga batu bara berhasil memperpanjang penguatannya pada akhir perdagangan Selasa (10/7/2018).

Hari ini,  harga batu bara kontrak Agustus 2018, kontrak teraktif di bursa komoditas Rotterdam, ditutup naik 0,35% atau 0,35 poin di posisi US$101,40/metrik ton.

Harga ini memperpanjang penguatannya setelah berakhir rebound 2,17% atau 2,15 poin di level 101,05 pada perdagangan Senin (9/7).

Sejalan dengan batu hitam, harga minyak mentah global menguat pada perdagangan Selasa (10/7) menyusul aksi mogok pekerja di Norwegia.

Harga minyak Brent untuk kontrak September 2018 ditutup menguat 1,01% atau 0,79 poin di level US$78,86 per barel di ICE Futures Exchange yang berbasis di London. Adapun minyak West Texas Intermediate ditutup menguat 0,35% atau 0,26 poin pada level US$74,11.

Dilansir Bloomberg, aksi mogok pekerja di Royal Dutch Shell Plc di Norwegia memaksa perusahaan menutup lapangan minyak di laut Utara dan menghentikan produksi minyak untuk pertama kalinya dalam enam tahun terakhir.

Shell terpaksa menutup lapangan minyak Knarr, yang menghasilkan sekitar 23.000 barel minyak per hari dan 3.500 barel gas alam cair per hari pada bulan April, menurut data publik terbaru yang tersedia.

Eskalasi konflik mungkin akan menyebabkan pemadaman lainnya, menurut kelompok yang mewakili pengusaha. Para pekerja juga akan meningkatkan aksi mogok pada akhir pekan mendatang.

Ini adalah pertama kalinya sejak 2012 bahwa pemogokan di industri minyak dan gas Norwegia dapat memengaruhi output. Enam tahun lalu, pemerintah turun tangan untuk mengakhiri aksi mogok yang telah berlangsung selama 16 hari, dengan alasan kepentingan strategis nasional .

Norwegia merupakan produsen minyak terbesar di Eropa Barat, dan memasok sekitar seperempat gas alam Uni Eropa, yang hanya dilampaui oleh Rusia.

Pemogokan itu terjadi pada saat output minyak sudah dikekang di negara-negara produsen utama mulai dari Kanada hingga Libya, dan sanksi yang akan datang pada Iran meningkatkan prospek krisis pasokan global.

Pergerakan harga batu bara kontrak Agustus 2018 di bursa Rotterdam

Tanggal                                    

US$/MT

10 Juli

101,40

(+0,35%)

9 Juli

101,05

(+2,17%)

6 Juli

98,90

(-0,10%)

 

 

 

Sumber: Bloomberg

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper