Antam (ANTM) Siapkan Dukungan Finansial Hingga US$99,5 Juta untuk PT Indonesia Chemical Alumina

PT Aneka Tambang Tbk. bakal mengucurkan dukungan finansial kepada anak usahanya, PT Indonesia Chemical Alumina sebesar maksimal US$99,5 juta.
Ana Noviani | 10 Juni 2018 15:41 WIB
Pekerja melakukan proses pemurnian dari nikel menjadi feronikel di fasilitas pengolahan dan pemurnian (smelter) Pomalaa milik PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk, di Kolaka, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/5/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA--PT Aneka Tambang Tbk. bakal mengucurkan dukungan finansial kepada anak usahanya, PT Indonesia Chemical Alumina sebesar maksimal US$99,5 juta.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dikutip Minggu (10/6), dukungan finansial itu merupakan bentuk komitmen Antam untuk memenuhi kewajiban lainnya sebagai pemegang 80% saham PT ICA.

Apalagi, anak usaha tersebut masih menghadapi tantangan dalam hal pengoperasian pabrik chemical grade alumina (CGA) di Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Pada Juni 2018, jumlah dukungan finansial perseroan kepada PT ICA sebesar US$16,91 juta," tulis manajemen Antam dalam keterbukaan informasi tersebut.

Jumlah dana tersebut merupakan bagian dari rencana dukungan finansial emiten berkode saham ANTM ini kepad PT ICA yang sebesar maksimal pinjaman PT ICA kepada kreditur yang akan jatuh tempo pada Juni 2018-Desember 2020, yakni sebesar maksimal US$99,5 juta.

Pemberian dukungan finansial tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan fungsi ANTM selaku penjamin atas pelaksanaan kewajiban PT ICA kepada krediturnya.

Apabila ANTM tidak memberikan dukungan finansial kepada PT ICA, maka perusahaan patungan dengan Showa Denko K.K. itu menjadi wanprestasi karena tidak memenuhi kewajibannya membayar pinjaman jatuh tempo kepada JBIC dan bank komersial sesuai yang tertera dalam Common Terms Agreement.

Tag : antam
Editor : Ana Noviani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top