Bakrieland (ELTY) Genjot Penjualan di Segmen Menengah

PT Bakrieland Development Tbk. akan fokus menggenjot penjualan properti ke segmen menengah dan menengah bawah pada tahun depan, menyusul kelesuan di segmen menengah atas dalam dua tahun terakhir.
Rivki Maulana | 30 November 2016 18:40 WIB
Bakrieland Development. - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bakrieland Development Tbk. (ELYT) akan fokus menggenjot penjualan properti ke segmen menengah dan menengah bawah pada tahun depan, menyusul kelesuan di segmen menengah atas dalam dua tahun terakhir.

Agus J. Alwie, Direktur Bakrieland, mengatakan segmen menengah dan menengah bawah punya ceruk pasar yang gemuk. Terlebih, angka defisit hunian sebanyak 11 juta unit menurut Agus didominasi dari dua segmen ini. 

"Backlog itu lebih banyak dari rumah-rumah menengah, bukan segmen atas. Proyek segmen atas masih akan kita simpan," jelasnya dalam paparan publik di Jakara, Rabu (30/11/2016).

Beberapa proyek yang bakal digarap tahun depan antara lain apartemen di proyek Sentra Timur, Pulogebang dan klaster baru di Perumahan Kahuripan Nirwana, Sidoarjo.

Total unit yang akan dibangun di Sentra Timur sekitar 2.032 unit sedangkan jumlah rumah tapak di klaster baru Kahuripan Nirwana yang akan di pasarkan mencapai 302 unit

Selain itu, ELTY juga bakal menggarap proyek apartemen di Depok dengan jumlah unit yang dipasarkan mencapai 1.300 unit. Di Cibubur, ekspansi serupa juga dilakukan dengan memasarkan 1.761 unit apartemen unutk segmen menengah.

Di sisi lain, pendapatan emiten bersandi saham ELTY itu masih tertekan. Per September 2016 total pendapatan bersih ELTY turun 28,07% menajdi Rp782,1 miliar. Pendapatan dari sewa kantor dan hotel mengalami kenaikan masing-masing 14% dan 20%. 

Namun, pendapatan dari penjualan tanah, rumah, dan aparteman yang tahun lalu menyumbang 49% terhadap total pendapatan kini turun 64% menjadi Rp188,4 miliar.

Tag : bakrieland, elty
Editor : Fatkhul Maskur

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top