Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RIGHTS ISSUE CSAP: Catur Sentosa Patok Harga Penawaran Rp425 per Saham

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) berencana penambahan modal melalui penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 1,15 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp425 per saham.
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk./Bisnis.com
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk./Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA— PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) berencana penambahan modal melalui penerbitan saham baru dengan hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau rights issue sebanyak-banyaknya 1,15 miliar saham dengan harga pelaksanaan Rp425 per saham.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan Senin (30/5/2016), perseroan berencana menerbitkan 1,15 miliar saham baru dengan nilai nominal Rp100 atau sekitar 40% dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh sebelum pelaksanaan rights issue.

Saham baru yang akan ditawarkan kepada para pemegang saham dalam rangka rights issue I ini seluruhnya adalah saham baru yang dikeluarkan dari portepel perseroan yang mempunyai hak yang sama dan sederajat dalam segala hal dengan saham biasa atas nama lainnya dan telah ditempatkan dan disetor penuh, dan akan dicatatkan di BEI.

Setiap pemegang 5 saham lama tang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada 7 Juni 2016 berhak atas 2 HMETD, di mana setiap 1 HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 saham baru dengan harga pelaksanaan Rp425 setiap saham.

Pemegang saham yang tidak menggunakan haknya untuk HMETD ini dapat terdilusi sebesar maksimum 40%.

Setelah dikurangi biaya-biaya emisi, dana hasil rights issue ini sekitar 80% akan digunakan untuk membiayai belanja modal dan modal kerja dalam rencana perluasan usaha perseroan di segmen ritel modern Bahan Bangunan dan Home Improvement (Mitra10). Nantinya akan dilakukan dengan meningkatkan modal pada PT Catur Mitra Sejati Sentosa yang merupakan entitas anak perseroan dengan kepemilikan 99,65%.

Belanja modal tersebut berupa penambahan jumlah toko Mitra10 di beberapa propinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.

Kemudian, sebanyak 20% akan digunakan untuk membiayai belanja modal perseroan berupa penambahan gudang di beberapa propinsi seperti DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sulawesi. Selain itu, untuk modal kerja perseroan untuk pembelian persediaan barang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Riendy Astria
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper