Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soechi Lines (SOCI) Terbitkan MTN Rp3 Triliun di Singapura

Emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. (SOCI) berencana untuk menerbitkan surat utang multicurrency medium term note programme dengan nilai 300 juta dolar Singapura atau senilai hampir Rp3 triliun (Kurs Rp9.857,18/S$).
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten pelayaran PT Soechi Lines Tbk. (SOCI) berencana untuk menerbitkan surat utang multicurrency medium term note programme dengan nilai 300 juta dolar Singapura atau senilai hampir Rp3 triliun (Kurs Rp9.857,18/S$).

Paula Marlina, Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan SOCI, mengatakan MTN dalam berbagai mata uang itu akan diterbitkan melalui Soechi Capital B.V., yang didirikan di Belanda dan dimiliki seluruhnya oleh perseroan.

"MTN akan dicatatkan dan diperdagangkan di Singapore Exchange Securities Trading Limited," ungkapnya dalam keterbukaan informasi di PT Bursa Efek Indonesia, Selasa (20/10/2015).

Rencananya, pada tahap pertama, penerbit berencana untuk menerbitkan seri pertama dari surat utang berdasarkan MTN Porgramme.

Manajemen SOCI telah menandatangani perjanjian programme agreement dengan penerbit, DBS Bank Ltd., dan Oversea-Chinese Banking Corporation Limited. Kedua bank itu menjadi arrangers dan dealers dari rencana transaksi.

Kemudian, manajemen juga telah meneken trust deed dengan penerbit, DB International Trust (Singapore) Limited sebagai wali amanat dan penjamin. Perjanjian agency agreement juga diteken dengan penerbit, Deutsche Bank AG Singapore Branch sebagai agen pembayaran utama, agen transfer CDP dan pencatat CDP.

Lalu, Deutsche Bank AG Hong Kong Branch bertindak sebagai agen pembayaran non-CDP dan agen transfer non-CDP. Sedangkan, Deutsche Bank Luxembourg S.A. bertindak sebagai pencatat non-CDP, serta DB International Trust (Singapore) Ltd. bertindak sebagai wali amanat surat utang.

Terakhir, perseroan memberikan akta jaminan untuk penerbitan surat utang berdasarkan MTN Programe. Seluruh perjanjian itu telah diteken pada 16 Oktober 2015.

Kendati demikian, dalam perjanjian tersebut, belum terdapat ketentuan mengenai jumlah pasti dan bunga dari tiap-tiap tahapan surat utang yang akan diterbitkan oleh SOCI. Termasuk jumlah pasti dan bunga dari seri pertama MTN.

Ketentuan mengenai nilai MTN dan bunga dari tiap-tiap tahapan MTN akan ditentukan saat perseroan menandatangani pricing supplement yang akan dilakukan kemudian.

Dipastikan, nilai seri pertama surat utang yang akan diterbitkan oleh Soechi Lines melalui penerbit, akan lebih dari 20% dan kurang dari 50% dari total ekuitas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper