Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INDEKS BEI 8 Oktober: Investor Asing Kian Getol Borong Saham Bikin IHSG Naik Tipis

Investor asing semakin gencar memborong saham di pasar modal Indonesia dan menyebabkan Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik tipis 0,1% setelah tiga hari terakhir terus reli.
Papan elektronik menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan./JIBI-Dwi Prasetya
Papan elektronik menunjukkan pergerakan indeks harga saham gabungan./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA — Investor asing semakin gencar memborong saham di pasar modal Indonesia menyebabkan Indeks harga saham gabungan (IHSG) naik tipis 0,1% setelah tiga hari terakhir terus reli.

Berdasarkan rekapitulasi PT Bursa Efek Indonesia, pada perdagangan hari ini, Kamis (8/10/2015), investor asing kembali membukukan beli bersih atau net buy Rp683,37 miliar dengan volume 124,19 juta lembar.

Aksi borong saham yang dilakukan oleh investor asing sepanjang hari ini mencapai Rp2,77 triliun dengan volume 877,88 juta lembar. Sebaliknya, investor asing juga masih menjual saham senilai Rp2,08 triliun dengan volume 753,68 juta lembar.

Pada saat yang sama, investor domestik membukukan aksi borong saham senilai Rp2,98 triliun dengan volume 4,84 miliar lembar. Sebaliknya, aksi lego saham yang dilakukan investor domestik mencapai Rp3,67 triliun dengan volume 4,96 miliar lembar.

Sepanjang hari ini, total transaksi yang terjadi di PT Bursa Efek Indonesia mencapai Rp5,75 triliun dengan volume 5,71 miliar lembar. Aksi beli bersih yang dibukukan investor asing membuat net sell yang dicapai sejak awal tahun semakin tipis menjadi Rp11,21 triliun.

Dari data Bloomberg, pada perdagangan hari ini, IHSG ditutup naik tipis 0,1% atau 4,3 poin ke level 4.491,43. Penguatan indeks menipis setelah berfluktuasi pada kisaran 4.484,68-4.537,25.

Equity Analyst Sucorinvest Achmad Yaki Yamani mengatakan suntikan optimisme dari paket kebijakan III menjaga sentimen positif di bursa saham.

Namun, penguatan itu juga harus berjuang mengatasi tekanan aksi ambil untung pelaku pasar. “IHSG bergerak berfluktuasi menguat, dibayangi aksi profit taking,” kata Yaki dalam risetnya.

Dari 518 saham yang diperdagangkan, sebanyak  140 saham menguat, 138 saham melemah, dan 241 saham stagnan.

Lima dari sembilan sektor yang tercatat di Bursa Efek Indonesia menguat dipimpin oleh aneka industri 2,47% dan empat lainnya melemah.

Berikut ringkasan perdagangan saham investor asing:

Tanggal

Nilai

Keterangan

8 Oktober

Rp683,37 miliar

Net buy

7 Oktober

Rp222 miliar

Net buy

6 Oktober

Rp844,82 miliar

Net buy

5 Oktober

Rp335,34 miliar

Net buy

2 Oktober

Rp60,96 miliar

Net buy

1 Oktober

Rp181,3 miliar

Net sell

Sumber: BEI, diolah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper