Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saraswati Griya Lestari (HOTL) Restrukturisasi Saham Anak Usaha

Emiten perhotelan dan pariwisata, PT Saraswati Griya Lestari Tbk. (HOTL) merestrukturisasi saham lima anak usaha perseroan dengan pengalihan kepemilikan.
PT Saraswati Griya Lestari Tbk. (HOTL)/idx.co.id
PT Saraswati Griya Lestari Tbk. (HOTL)/idx.co.id

Bisnis.com, JAKARTA--Emiten perhotelan dan pariwisata, PT Saraswati Griya Lestari Tbk. (HOTL) merestrukturisasi saham lima anak usaha perseroan dengan pengalihan kepemilikan.

Sekretaris Perusahaan Saraswati Griya Lestari TB. Yudi Yuniardi mengatakan telah terjadi penjualan saham anak usaha terhadap anak perusahaan lainnya untuk restrukturisasi.

"Tujuan dan rencana diadakannya restrukturisasi ini adalah untuk mempermudah pengkoordinasian dan pengawasan terhadap kegiatan usaha anak perusahaan," katanya dalam keterbukaan informasi yang dikutip Sabtu (18/4/2015).

Perseroan menjual 47,52 juta saham atau 99% dalam PT Bina Buana Sarana kepada PT Cakrawala Mitra Usaha (CMU). Kemudian, perseroan juga melego 42,07 juta lembar saham atau 99% kepemilikan dalam PT Cakrawala Usaha Nusantara kepada PT CMU.

Selanjutnya, penjualan 48,51 juta saham perseroan atau 99% kepemilikan dalam PT Pratika Nugraha kepada PT CMU. Selain itu, perseroan juga menjual 156,91 juta saham atau 99% kepemilikan dalam PT Tiara Inti Mulia kepada PT CMU.

Sebagai kompensasi atas transaksi jual beli saham tersebut, sambungnya, PT CMU selaku anak perusahaan perseroan telah meningkatkan saham perseroan di PT CMU sesuai nilai transaksi jual beli yang terjadi.

Adapun, bidang usaha PT Tiara Inti Mulia, PT Cakrawala Usaha Nusantara, PT Pratika Nugraha, dan PT Bina Buana Sarana, adalah bidang perhotelan, akomodasi, dan pariwisata. Sedangkan, PT Cakrawala Mitra Usaha adalahpengelola dari anak perusahaan tersebut.

Setelah transaksi tersebut, total aset Saraswati Griya Lestari tidak mengalami perubahan dan mencapai Rp951,71 miliar pada 15 April 2015. Ekuitas mencapai Rp381,61 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Sukirno
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper