Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EMAS BERJANGKA Naik ke US$1.295,20/Ounce, Terdongkrak Data AS dan Impor India

Emas berjangka naik setelah klaim pengangguran AS meningkat lebih dari perkiraan, mendorong permintaan untuk logam sebagai alat penyimpan kekayaan. Palladium naik ke level tertinggi 33 - bulan di tengah kekhawatiran pasokan, dan platinum melompat ke level tertinggi sejak September.
Impor India dapat bertambah 10 metrik ton menjadi 15 ton per bulan. /bisnis.com
Impor India dapat bertambah 10 metrik ton menjadi 15 ton per bulan. /bisnis.com

Bisnis.com, NEW YORK - Emas berjangka naik setelah klaim pengangguran AS meningkat lebih dari perkiraan, mendorong permintaan untuk logam sebagai alat penyimpan kekayaan. Palladium naik ke level tertinggi 33 - bulan di tengah kekhawatiran pasokan, dan platinum melompat ke level tertinggi sejak September.

Klaim pengangguran AS meningkat menjadi 326.000 dalam pekan yang berakhir 17 Mei, data pemerintah menunjukkan hari ini. Perkiraan median dari 50 ekonom yang disurvei Bloomberg yang disebut untuk naik ke 310.000. Tahun ini, emas telah naik 7,7%, karena kekhawatiran bahwa pemulihan ekonomi rapuh.

Kemarin, emas turun sebanyak 0,9% karena pertemuan minutes Federal Reserve menunjukkan pembuat kebijakan mengatakan bahwa stimulus lanjutan untuk mendorong pengangguran yang lebih rendah tidak berisiko memicu lonjakan inflasi yang tidak diinginkan. Beberapa anggota mengatakan Fed harus berkomunikasi strateginya lebih jelas ketika bergerak lebih dekat ke arah kenaikan suku bunga .

" Data hari ini menunjukkan bahwa pasar kerja sedang berjuang dan kenaikan suku bunga mungkin menjauh, " Chris Gaffney, ahli strategi pasar senior di EverBank Wealth Management di St Louis, mengatakan dalam sebuah wawancara telepon. "Ada beberapa pembelian safe haven.''

Emas berjangka untuk pengiriman Agustus naik 0,5% untuk menetap di US$1.295,20 per ounce pada pukul 1:37 di Comex di New York, kenaikan terbesar untuk kontrak teraktif sejak 14 Mei.

The Fed memangkas pembelian aset bulanan sampai US$ 45 miliar pada April, untuk keempat kalinya pemotongan US$ 10 miliar. Emas naik 70% dari Desember 2008 sampai Juni 2011 karena Fed membeli utang dan menetapkan biaya pinjaman mendekati nol persen .

Permintaan India

Impor oleh India kemungkinan naik setelah bank sentral negara itu memungkinkan lebih banyak perusahaan untuk membeli logam dari luar negeri, kata Federasi Trade All India Gems & Jewellery. India digantikan oleh China sebagai pengguna emas terbesar tahun lalu setelah pemerintah menahan pengiriman.

Impor India dapat bertambah 10 metrik ton menjadi 15 ton per bulan, kata federasi, tanpa memberikan angka total bulanan. Pengiriman dapat dua kali lipat dalam beberapa bulan ke depan, Australia & New Zealand Banking Group Ltd mengatakan dalam sebuah laporan.

''Kami melihat beberapa pembelian fisik karena optimisme tentang India," kata Gaffney.

Di New York Mercantile Exchange, paladium berjangka untuk pengiriman Juni naik 0,7% menjadi US$836,45 per ounce. Sebelumnya, harga mencapai US$839,55, tertinggi sejak 1 Agustus 2011. Perdagangan hampir tiga kali lipat dibandingkan dengan rata-rata 100 - hari untuk saat ini, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Afrika Selatan, Rusia

Tahun ini, harga telah naik 16% tahun ini karena pemogokan di perusahaan tambang yang melumpuhkan produksi di Afrika Selatan, produsen terbesar kedua. Rusia, pemasok terbesar, menghadapi sanksi dari Amerika Serikat dan Eropa atas Ukraina.

Platinum berjangka untuk pengiriman Juli naik 1,2% menjadi US$1.493,10 per ounce di Nymex. Sebelumnya, harga mencapai US$ 1.497.80, tertinggi sejak 9 September. Afrika Selatan adalah produsen terbesar.

Instrumen perdagangan di tangan yang didukung oleh platinum dan paladium naik ke rekor kemarin.

Di Afrika Selatan, lebih dari 70.000 penambang yang tergabung dalam serikat utama di Anglo American Platinum Ltd, Impala Platinum Holdings Ltd, dan Lonmin Plc berhenti bekerja sejak 23 Januari karena sengketa upah. Kekerasan telah meningkat bulan ini.

Perusahaan dan Association of Mineworkers and Construction Union berada di hari kedua dari 3 hari mediasi yang dipimpin oleh hakim.

Perak berjangka untuk pengiriman Juli naik 0,9% menjadi US$19,52 per ounce di Comex .

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper