Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Semesta Aset Manajemen Incar Dana Kelolaan Rp100 Miliar

PT Semesta Aset Manajemen menargetkan perolehan dana kelolaan (assets under management/AUM) sebesar Rp100 miliar pada tahun ini, melonjak hampir 90% dari posisi 2013 sebesar Rp52,7 miliar.

Bisnis.com, JAKARTA—PT Semesta Aset Manajemen menargetkan perolehan dana kelolaan (assets under management/AUM) sebesar Rp100 miliar pada tahun ini, melonjak hampir 90% dari posisi 2013 sebesar Rp52,7 miliar.

Presiden Direktur Semesta Aset Manajemen Rudy Haryadi mengatakan pencapaian target itu didukung oleh adanya produk reksadana baru yang baru saja diluncurkan, Selasa (18/3/2014), yaitu reksadana Semesta Dana Saham.

“Target AUM tahun ini bisa sampai Rp100 miliar. Target dari produk baru ini saja Rp50 miliar,” ujarnya di sela-sela peluncuran produk reksadana baru, Selasa (18/3/2014).

Produk reksadana Semesta Dana Saham telah mendapat pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 21 Februari 2014. Produk ini akan mulai ditawarkan pada 20 Maret 2014 melalui bank kustodian yang ditunjuk yaitu Deutsche Bank AG.

Investasi awalnya adalah sebesar Rp500.000, sedangkan untuk investasi selanjutnya dan minimum penjualan kembali adalah sebesar Rp100.000. Portofolio reksadana ini adalah 80% di saham (maksimal 100%), dan di pasar uang dan efek utang/obligasi maksimum 20%.

“Kenapa kami pilih reksadana saham? Karena kami punya pengalaman cukup baik dalam mengelola reksadana campuran sejak 2004,” ujar Rudy.

Menurutnya, kondisi ekonomi global saat ini sudah mulai pulih dari krisis. Selain itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus naik dan investor asing terus melakukan nett buy sejak awal 2014. Sehingga, prospek saham dinilai membaik dan ke depannya masih sangat cerah.

PT Semesta Aset Manajemen sebelumnya hanya memiliki satu produk reksadana, yakni reksadana Semesta Dana Maxima.

Produk reksadana campuran ini mendapatkan pernyataan efektif dari Bapepam pada 7 Oktober 2004. Bank kustodian yang ditunjuk juga adalah Deutsche Bank A.G.

Return reksadana Semesta Dana Maksima sampai dengan 14 Maret 2014 adalah 554,01%, jauh di atas IHSG yang 470,12%. Komposisi nasabahnya adalah institusi 38,8% dan ritel 61,2%.

Berdasarkan data OJK per akhir Februari 2014, total dana kelolaan PT Semesta Aset Manajemen adalah Rp55,9 miliar. Semesta Aset Manajemen lahir dari pemisahan kegiatan usaha sebagai manajer investasi dari PT Semesta Indovest.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper