Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hary Tanoe Bilang Dana untuk Akuisisi Bali Nirwana Sudah Siap

Bisnis.com, JAKARTA—Proses akuisisi PT MNC Land Tbk (KPIG) milik pebisnis sekaligus politisi Hary Tanoesoedibjo terhadap PT Bali Nirwana Resort, entitas PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) milik Aburizal Bakrie, kian berlanjut.
Giras Pasopati
Giras Pasopati - Bisnis.com 28 Agustus 2013  |  14:11 WIB
Hary Tanoe Bilang Dana untuk Akuisisi Bali Nirwana Sudah Siap
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Proses akuisisi PT MNC Land Tbk (KPIG) milik pebisnis sekaligus politisi Hary Tanoesoedibjo terhadap PT Bali Nirwana Resort, entitas PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) milik Aburizal Bakrie, kian berlanjut.

“Dana sudah ada dan siap. Pendanaan dari sisi internal, berasal dari right issue pada Juni lalu sebesar US$250 juta, atau Rp 2,5 triliun,” ujar Harry Tanoesoedibjo, CEO MNC Group, dalam peresmian indeks MNC36 di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (28/8/2013).

Sementara ketika ditanya mengenai besaran nilai akuisisi dia mengatakan tidak hafal. Yang ia ketahui, saat ini MNC Land memiliki lahan yang akan dibangun secara komprehensif sebagai integrated theme park. Ada theme park, safari, golf, dan sebagainya.

“Untuk kepemilikan yang akan diambil alih, sementara antara 49% atau 51%. Yang jelas, kita yang akan memiliki kontrol,” tuturnya.

Adapun proses akuisisi PT Bali Nirwana Resort diketahui memiliki tiga tahap. Dua dari tiga tahap tersebut, sudah memasuki tahap akta jual beli saham (AJB).

Tiga tahap itu adalah pertama, pada 25 Juli 2013 MNC Land telah menandatangani AJB saham terkait pembelian 19,09% saham dalam PT Bali Nirwana Resort. MNC Land membelinya dari Sugilite Company Limited dan PT Bakrie Niwana Semesta.

Kedua, pada 2 Agustus 2013, MNC Land dan PT Pratama Prima Investama (PPI) menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat, terkait antara lain rencana MNC Land membeli 55,91% saham dalam PT Bali Nirwana Resort dari PPI.

Ketiga, masih pada 2 Agustus 2013, MNC Land menandatangani AJB saham terkait pembelian 25% saham dalam PT Bali Nirwana Resort dari PT Bakrie Nirwana Semesta.

Lebih lanjut, rencana transaksi tersebut masih membutuhkan persetujuan pemegang saham dalam RUPS Luar Biasa yang rencananya diadakan pada Kamis, 19 September 2013.

Agenda RUPS LB selengkapnya adalah pertama, meminta persetujuan atas rencana perseroan untuk mengubah penggunaan dana hasil penawaran umum terbatas II.

Kedua, persetujuan atas rencana untuk melakukan investasi atas 100% saham dalam PT Bali Nirwana Resort. Ketiga, perubahan pasal 3 Anggaran Dasar mengenai maksud dan tujuan serta kegiatan usaha perseroan. 

MNC Land butuh persetujuan pemegang saham karena transaksi ini termasuk transaksi material. Meski pemegang saham belum setuju, MNC Land telah membayarkan uang muka investasi Rp757,57 miliar untuk pembelian saham PT Bali Nirwana Resort. Hal itu terungkap dalam laporan keuangan MNC Land Tbk per 30 Juni 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bakrie hary tanoe akuisisi 2013 mnc land bali nirwana
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top