Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

GLOBAL BOND: Tower Bersama Tunjuk 7 Bank Jadi Arranger Roadshow

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Tower Bersama Infrastructure Tbk telah menunjuk tujuh bank untuk menjadi arranger dalam roadshow penerbitan global bond senilai US$500 juta.Informasi tersebut diungkapkan oleh seseorang yang mengetahui langsung transaksi itu kepada
Achmad Aris
Achmad Aris - Bisnis.com 18 Maret 2013  |  15:15 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA--PT Tower Bersama Infrastructure Tbk telah menunjuk tujuh bank untuk menjadi arranger dalam roadshow penerbitan global bond senilai US$500 juta.

Informasi tersebut diungkapkan oleh seseorang yang mengetahui langsung transaksi itu kepada Bloomberg, Senin (18/3/2013).

Menurut sumber itu, manajemen Tower Bersama akan melakukan roadshow penawaran surat utang itu ke empat negara yakni Amerika Serikat (Los Angeles, Boston, dan New York), Singapura, Hong Kong, dan London. Roadshow tersebut akan dimulai besok.

Berdasarkan catatan Bisnis, emiten penyedia infrastruktur telekomunikasi itu memperkirakan maksimal tingkat kupon 8% untuk surat utang berdenominasi dollar AS tersebut.

Direktur Tower Bersama Helmy Yusman Santoso sebelumnya mengatakan rapat umum pemegang saham (RUPS) telah menyetujui penerbitan global bond yang sebagian besar untuk membayar utang.

"Penerbitan global bond ini merupakan diversifikasi sumber pendanaan. RUPS sudah menyetujui maksimal kupon 8% mungkin lebih rendah," ujarnya Kamis (7/3/2013).

Dia menjelaskan sekitar 81% hasil bersih penerbitan obligasi itu akan digunakan untuk melunasi pinjaman yang akan jatuh tempo atau mempercepat pelunasan. Sementara itu sisanya 19% akan digunakan untuk ekspansi yang mendukung pertumbuhan bisnis.

Penyedia menara telekomunikasi (BTS) ini akan melakukan roadshow atau mencari calon investor mulai akhir Maret ke Asia dan Eropa.

Sejauh ini, perusahaan yang mayoritas sahamnya dipegang Saratoga Capital dan Provident Capital itu masih memiliki fasilitas pinjaman US$250 juta yang belum dicairkan. Namun untuk meragamkan sumber pinjamaan perseroan menerbitkan obligasi ini.

Rencana anggaran belanja (capex) perseroan tahun ini mencapai US$250 juta yang difokuskan untuk meningkatkan jumlah antena 3G seiring dengan kebutuhan akses data masyarakat.

"Penggunaan akses data mencetak growth yang signifikan dibandingkan voice dan sms. Ini meningkatkan kolokasi maupun tenant yang sudah ada," tambahnya.

Per Desember 2012, Tower Bersama memiliki dan mengoperasikan 8.439 situs dengan 13.708 penyewaan.   (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tower bersama infrastructure obligasi us$500 juta
Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top