Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Pecah Rekor, Investor Asing Borong Saham BBCA, BREN, hingga AMRT

Investor asing tercatat melakukan pembelian terhadap saham-saham seperti BBCA, BREN, hingga AMRT saat IHSG mencetak rekor all time high hari ini.
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan beraktivitas di PT Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (18/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA -- Investor asing tercatat melakukan aksi beli bersih sebesar Rp599,5 miliar saat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mencetak rekor penutupan tertinggi pada 7.466,83 hari ini, Senin (19/8/2024). Investor asing tercatat memborong saham-saham mulai dari BBCA, BREN, hingga AMRT hari ini. 

Berdasarkan catatan RTI Infokom, investor asing membeli sebanyak 2,3 miliar saham hari ini, dengan nilai pembelian seluruhnya sebesar Rp3,5 triliun. 

Net foreign buy pada seluruh pasar hari ini sebesar Rp599,5 miliar, dengan net foreign buy pada pasar reguler sebesar Rp352,9 miliar dan net foreign buy pada pasar negosiasi dan tunai sebesar Rp246,6 miliar. 

Beberapa saham tercatat menjadi incaran investor asing pada hari ini. Saham yang mencatatkan pembelian paling banyak pada hari ini adalah saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) dengan net foreign buy sebesar Rp256,2 miliar. Pembelian investor asing ini juga turut membawa saham BBCA naik 0,48% ke level Rp10.375 per saham. 

Saham selanjutnya yang menjadi incaran investor asing adalah saham PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dengan nilai Rp140,3 miliar. Saham BMRI naik hingga 1,06% ke level Rp7.150 per saham hari ini.

Selanjutnya, saham yang juga paling banyak dibeli investor asing hari ini adalah saham PT Astra International Tbk. (ASII). Saham ASII diborong sebesar Rp74,1 miliar oleh investor asing, yang membuat sahamnya naik 1,11% ke level Rp5.025 per saham. 

Saham milik konglomerat Prajogo Pangestu, PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) juga tercatat menjadi saham dengan pembelian investor asing terbesar hari ini, yaitu sebanyak Rp51,9 miliar. Saham BREN naik hingga 5,14% ke level Rp9.200 per saham hari ini. 

Saham-saham lain yang juga menjadi incaran investor asing hari ini adalah BBNI dengan nilai beli bersih sebesar Rp39,9 miliar, AMRT dengan nilai beli Rp35,6 miliar, dan AMMN dengan nilai beli bersih Rp25,8 miliar. 

Lalu saham PGAS dengan nilai beli bersih Rp23,6 miliar, saham MDKA dengan nilai beli bersih Rp17,1 miliar, dan saham KLBF dengan nilai beli bersih sebesar Rp16,1 miliar. 

Di sisi lain, beberapa saham menjadi target jual investor asing saat IHSG mencatatkan rekor. Saham BBRI menjadi target jual investor asing dengan nilai Rp166,6 miliar, TLKM dengan net foreign sell sebesar Rp63,2 miliar, dan TPIA dengan nilai jual bersih sebesar Rp62,7 miliar. 

Sebelumnya, Tim Riset Pilarmas Investindo Sekuritas menjelaskan Indeks IHSG dan bursa regional Asia cenderung menguat yang di topang sikap pelaku pasar yang masih optimistis pemangkasan suku bunga akan dilakukan oleh The Fed sehingga hal ini masih menjadi motor positif penggerakan pasar keuangan. 

"Pelaku pasar memprediksi kebijakan pemangkasan suku bunga pada kuartal akhir tahun ini," tulis Pilarmas Sekuritas, Senin (19/8/2024).  

Sebelumnya, pasar menilai rilis data ekonomi Amerika Serikat (AS) yang menunjukkan perlambatan, dan pada akhir pekan kemarin data pembangunan rumah AS pada Juli dirilis turun 6,8% dibanding bulan sebelumnya. 

Data tersebut dapat mengindikasikan penurunan daya beli masyarakat AS. Hal tersebut akan membuka ruang kebijakan moneter The Fed untuk memangkas suku bunganya.  

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper