Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Resuffle Kabinet Jokowi, IHSG Mampu Sentuh 7.500?

IHSG diprediksi bisa membentuk rekor ATH baru ke level 7.500 pada perdagangan hari ini, di tengah rencana resuffle kabinet Presiden Jokowi.
Pengunjung beraktivitas di main hall Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024). Bisnis/Abdurachman
Pengunjung beraktivitas di main hall Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024). Bisnis/Abdurachman

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bisa membentuk rekor all time high/ATH baru ke level 7.500 di tengah rencana perombakan atau resuffle kabinet yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini, Senin (19/8/2024).

Pekan lalu, IHSG mampu mencatat rekor ATH pada Rabu (14/8/2024) dengan menguat 79,4 poin atau 1,08% ke level 7.436,039.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), IHSG ditutup menguat sebesar 0,3% atau 22,58 poin ke level 7.432,09 pada akhir perdagangan Jumat (16/8/2024). Nilai kapitalisasi pasar saham mencapai Rp12.595,03 triliun.

IHSG ditutup dengan nilai transaksi mencapai Rp10,24 triliun dan volume saham mencapai 18,35 miliar lembar. Adapun, transaksi ditutup dengan frekuensi 1,02 juta kali.

Adapun, Tim Analis MNC Sekuritas memprediksi IHSG menguat 0,30% ke 7.432 disertai dengan munculnya volume pembelian. Namun penguatannya masih tertahan resistance terdekatnya di level 7.460.

Pada label hitam, adanya kemungkinan IHSG sedang membentuk wave [b] dari wave 2 pada pola running flat, selanjutnya, IHSG akan terkoreksi ke rentang area 7.027-7.218.

"Pada label merah, apabila IHSG mampu break 7.460, maka IHSG akan menuju ke 7.513-7.654," tulisnya dalam riset, Senin (19/8/2024).

MNC Sekuritas memberikan rekomendasi agar investor mempertimbangkan opsi buy on weakness untuk saham PT Astra Otoparts Tbk. (AUTO), PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. SMGR, serta speculative buy untuk saham PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. (INKP).

Sementara itu, analis dari RHB Sekuritas Indonesia, Muhammad Wafi berpendapat IHSG terlihat melakukan rebound, tetapi dengan bearish candle disertai volume.

Menurutnya, meski berpeluang untuk kembali melakukan koreksi, tetapi selama di atas garis MA5 maka berpeluang untuk kembali rebound dan melanjutkan fase bullish-nya.

Akan tetapi, jika breakdown support garis MA5, maka berpeluang untuk menguji support garis MA20 untuk kembali melanjutkan fase sideways-nya.

"Range pergerakan IHSG saat ini berada dikisaran 7.300 hingga 7.500," ujarnya.

RHB Sekuritas Indonesia menyarankan investor untuk mencermati saham PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA), PT Amman Mineral Internasional Tbk. (AMMN), PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR), dan PT Bumi Resources Minerals Tbk. (BRMS) pada perdagangan hari ini.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Sumber di lingkungan Istana menyebut ada empat posisi menteri dan dua kepala badan yang akan dilantik oleh Jokowi pada hari ini.

Salah satunya, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly yang akan digantikan oleh Politisi Partai Gerindra Supratman Andi Atgas.

Lalu, Menteri ESDM Arifin Tasrif akan digantikan Bahlil Lahadalia. Imbasnya, posisi Menteri Investasi/Kepala BKPM yang saat ini dijabat Bahlil akan diisi oleh Rosan Roeslani.

Jokowi juga dikabarkan akan melantik Kepala Badan Gizi yang dijabat Dadan Hindayana sebagai komando program makan bergizi gratis presiden terpilih Prabowo Subianto.

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper