Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Berpotensi Naik Tipis, Simak Saham Unggulan Mirae Asset Sekuritas

Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan IHSG bergerak volatil cenderung menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (14/8/2024). Saham apa yang dicermati?
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Karyawan mengamati pergerakan harga saham di Profindo Sekuritas, Jakarta, Rabu (20/3/2024). Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA – Mirae Asset Sekuritas Indonesia memperkirakan indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak volatil cenderung menguat pada perdagangan hari ini, Rabu (14/8/2024). Investor disarankan untuk mencermati saham BIRD, MAPA, dan ESSA.

Andreas Kristo Saragih, analis Mirae Asset Sekuritas, mengatakan IHSG ditutup menguat 0,81% pada perdagangan Selasa (13/8/2024) digerakkan oleh kinerja saham-saham sektor energi dan keuangan seperti DSSA, CUAN, BFIN dan BMRI. 

Investor asing tercatat melakukan pembelian bersih senilai Rp588 miliar dengan porsi net buy terbesar pada saham BMRI, BBCA, dan BBRI.

Di konteks global, pasar saham Amerika Serikat menguat setelah data Indeks Harga Produsen (PPI) terbaru menunjukkan kenaikan harga grosir yang lebih rendah dari perkiraan selama Juli 2024. Indeks Dow naik 1,04%, S&P 500 menguat 1,68% dan Nasdaq naik 2,43%.

“Hal tersebut memperkuat ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga pada pertemuan bulan depan,” tulisnya dalam riset, Rabu (14/8/2024). 

Data PPI yang lemah muncul sehari menjelang laporan Indeks Harga Konsumen (CPI) Juli atau akan diumumkan pada Rabu (14/8/2024). Hal itu juga akan menjadi perhatian sebagai sinyal bahwa inflasi telah cukup moderat untuk menurunkan suku bunga. 

Secara teknikal, analis Mirae Asset Sekuritas Tasrul Tanar memperkirakan IHSG cenderung bergerak mixed dengan potensi penguatan pada hari ini. Indeks komposit diestimasi bergerak pada rentang perdagangan harian 7.291–7.384. 

Tiga saham yang menjadi sorotan Mirae Asset Sekuritas pada hari ini ialah saham PT Blue Bird Tbk. (BIRD), PT MAP Aktif Adiperkasa Tbk. (MAPA), dan PT ESSA Industries Indonesia Tbk. (ESSA). 

Secara teknikal, BIRD direkomendasikan sell on strength dengan target harga Rp1.705 dan bergerak di rentang Rp1.650 – Rp1.710 per saham.

Sementara itu, saham MAPA disarankan trading buy dengan target harga Rp870 per saham dan saham ESSA mendapat rekomendasi trading buy dengan target harga Rp890 per saham.

----------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ana Noviani
Editor : Ana Noviani
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper