Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis Nikel di Morowali Lagi Hot, XL Axiata Ekspansi Bisnis FMC

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperluas jaringan Fix Mobile Convergence (FMC) ke Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah.
Pekerja mengoptimalisasi jaringan 4G/dok. XL Axiata
Pekerja mengoptimalisasi jaringan 4G/dok. XL Axiata

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) memperluas jaringan Fix Mobile Convergence (FMC) ke Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah. Di seluruh Sulawesi, XL SATU telah menjangkau 9 kota atau kabupaten.

Caretaker XL Axiata area Sulawesi, Mozes H. Baottong, mengatakan perluasan jaringan XL SATU Fiber ke berbagai daerah secara agresif searah dengan terus meningkatnya permintaan layanan internet rumah di berbagai daerah, termasuk Sulawesi, yang diprediksi akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

“Potensi pasar untuk layanan konvergensi di Sulawesi sangat besar karena digitalisasi di semua bidang juga telah menjangkau hingga ke pelosok daerah, termasuk Morowali.  Sampai saat ini penetrasi XL Satu telah mencapai sekitar 30%.”

Mozes mengatakan Morowali merupakan pasar yang menjanjikan karena area ini merupakan daerah dengan rata-rata pertumbuhan ekonomi tertinggi di Indonesia. Perekonomian di daerah ini terutama digerakkan oleh keberadaan industri pertambangan nikel, yang berdampak pada roda perekonomian masyarakat setempat. Selain itu, tingkat literasi masyarakat yang semakin tinggi juga mendorong meningkatkan kebutuhan layanan internet yang berkualitas.

Di sisi lain, PT XL Axiata Tbk. (EXCL) bersama Axiata Enterprise Sdn Bhd (AE) mengakuisisi 100% saham Axiata Global Services Pte Ltd (AGS). Langkah itu guna memperkuat layanan internasional XL Axiata. 

Corporate Secretary EXCL, Ranty Astari Rachman mengatakan bahwa EXCL bersama AE pada tanggal 10 Juli 2024 telah menandatangani sale and purchase agreement sehubungan dengan transaksi jual beli saham AGS. 

"Perseroan melakukan pembelian 100.000 lembar saham atau 100% saham AGS dengan nilai transaksi US$1," katanya dalam keterbukaan informasi, Jumat (12/7/2024). 

Ranty Astari menjelaskan transaksi ini akan memberikan dampak positif bagi XL Axiata karena memungkinkan perseroan untuk sepenuhnya dapat memonetisasi aset yang dimiliki dengan melakukan transaksi langsung dengan pelanggan global. 

Selain itu, berkat transaksi itu perseroan dapat menjadi penyedia layanan telekomunikasi internasional yang membawa kemampuan digital global ke dalam perusahaan. 

EXCL juga dapat memanfaatkan kemampuan grup perusahaan untuk menargetkan pasar internasional.

"Perseroan juga akan mendapatkan kesempatan besar dalam menargetkan pasar telekomunikasi lintas batas negara," kata Ranty Astari Rachman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Pandu Gumilar
Editor : Pandu Gumilar
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper