Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BREN Lepas dari FCA, Prajogo Pangestu Kembali jadi Orang Terkaya di Indonesia

Prajogo Pangestu kembali menjadi orang terkaya di Indonesia, bertepatan dengan keluarnya saham BREN dari FCA.
Prajogo Pangestu/baritopacific
Prajogo Pangestu/baritopacific

Bisnis.com, JAKARTA -- Konglomerat Prajogo Pangestu kembali memuncaki daftar orang terkaya Indonesia versi Bloomberg Billionaires Index. Pada saat yang bersamaan, saham PT Barito Renewables Energy Tbk. (BREN) keluar dari papan pemantauan khusus dengan mekanisme Full Call Auction (FCA) pekan ini. 

Berdasarkan data Bloomberg Billionaires Index, Prajogo Pangestu menjadi orang terkaya ke-63 di dunia dengan kekayaan senilai US$27,5 miliar atau setara Rp452,5 triliun. 

Bloomberg mencatat, kekayaan Prajogo sebagian besar terdiri dari aset publik dan kas. Saat ini aset terbesar Prajogo Pangestu adalah BREN dengan nilai aset US$16,4 miliar. 

Mengacu pada data Bursa Efek Indonesia (BEI), saat ini BREN memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp1.217 triliun atau menjadi emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di BEI. BREN kembali menyalip PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) sebagai emiten dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa.

Bloomberg menyebut Prajogo Pangestu memiliki 22% kepemilikan di BREN yang listing pada Oktober 2023. Saham yang dimiliki oleh Prajogo Pangestu digenggam melalui perusahaan holding Green Era Energy, yang dimiliki oleh putra dan putrinya. 

Setelah BREN, aset publik terbesar kedua milik Prajogo Pangestu adalah CUAN dengan nilai US$4,81 miliar, BRPT dengan nilai US$3,85 miliar, dan TPIA dengan nilai US$1,73 miliar.  Sementara itu, kas Prajogo Pangestu diperkirakan sebesar US$675 juta oleh Bloomberg. 

Sebagai informasi, setiap angka kekayaan bersih di Bloomberg Billionaires Index diperbarui setiap hari kerja setelah penutupan perdagangan di New York.

Kepemilikan di perusahaan yang diperdagangkan secara publik dinilai menggunakan harga penutupan terbaru dari saham tersebut. Penilaian dikonversi ke dolar AS dengan nilai tukar saat ini.

Belum lama ini, posisi Prajogo Pangestu sebagai orang terkaya Indonesia digeser oleh taipan batu bara kelahiran Singapura Low Tuck Kwong.

Berdasarkan data per Selasa (11/6/2024), kekayaan Low Tuck Kwong tercatat senilai US$24,3 miliar atau sekitar Rp397,7 triliun. Saat itu, Prajogo Pangestu terlempar ke posisi kedua dengan kekayaan sebesar US$23,8 miliar atau sekitar Rp389,6 triliun.

Sementara itu, saat ini Low Tuck Kwong terlempar ke posisi keempat sebagai orang terkaya di Indonesia dan ke posisi 93 orang terkaya di dunia. Bloomberg memperkirakan harta Low Tuck Kwong sebesar US$20,7 miliar per Sabtu (22/6/2024) ini. 

Adapun posisi kedua dan ketiga orang terkaya Indonesia ditempati oleh duo Grup Djarum, Hartono bersaudara. Budi Hartono menempati posisi kedua dengan nilai kekayaan US$21,7 miliar dan Michael Hartono di posisi ketiga dengan total kekayaan US$20,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper