Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Histori Dividen Unilever (UNVR) 5 Tahun Terakhir Jelang RUPS 20 Juni

Dividen Unilever Indonesia (UNVR) dalam 5 tahun terakhir berasal dari 95% laba perusahaan.
Ragam produk unilever./Istimewa
Ragam produk unilever./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -- Emiten konsumer PT Unilever Tbk. (UNVR) dijadwalkan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 20 Juni mendatang. Salah satu agenda utama rapat ini adalah membahas penggunaan laba bersih tahun lalu. Apakah akan ditebar menjadi dividen?

Dalam pengumuman resmi perusahaan, RUPST UNVR yang dijadwalkan pada Kamis mendatang akan mencakup empat mata acara utama, yaitu pengesahan laporan keuangan, penetapan penggunaan laba bersih, penunjukan akuntan publik, dan perubahan susunan pengurus.

Unilever adalah perusahaan konsumer yang dikenal rutin membagikan dividen sejak lima tahun terakhir, bahkan sejak 2010. Dividen yang dibagikan dalam lima tahun terakhir memiliki rasio di atas 95% dari laba bersih yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk.

Lalu bagaimana prospek dividen UNVR yang dibayarkan pada 2024 ini? Sebagai dasar pembagian dividen UNVR, sepanjang tahun lalu perusahaan mencatat penjualan bersih sebesar Rp38,61 triliun, turun 6,32% dari Rp41,21 triliun pada 2022. Laba bersih juga turun menjadi Rp4,80 triliun dari sebelumnya Rp5,36 triliun.

Berikut adalah riwayat pembagian dividen UNVR dalam lima tahun terakhir:

  • Pada 2023, UNVR memberikan dividen interim senilai Rp63 per saham atau total Rp2,40 triliun.
  • Pada tahun buku 2022, RUPST UNVR menyepakati pembagian dividen sebesar Rp5,34 triliun, atau 99,29% dari laba bersih tahun buku 2022 yang tercatat sebesar Rp5,36 triliun. Dividen ini terbagi atas dividen interim sebesar Rp69 per saham dan dividen final sebesar Rp71 per saham.
  • Pada tahun buku 2021, UNVR membagikan total dividen sebesar Rp150 per saham, terdiri dari dividen interim sebesar Rp66 per saham dan dividen final sebesar Rp84 per saham, dengan total dividen sebesar Rp5,72 triliun dan dividend payout ratio (DPR) mencapai 99,34%.
  • Pada tahun buku 2020, RUPST UNVR menyepakati pembagian dividen sebesar Rp7,13 triliun atau 99,47% dari total laba bersih 2020 yang sebesar Rp7,16 triliun. Dividen terdiri dari dividen interim Rp87 per saham dan dividen final Rp100 per saham.
  • Pada tahun buku 2019, UNVR membagikan dividen final dan interim masing-masing sebesar Rp107 per saham dan Rp430 per saham, dengan rasio pembayaran dividen mencapai 100% atau seluruh laba bersih senilai Rp7,39 triliun dibagikan sebagai dividen.

Dengan rekam jejak yang konsisten dalam pembagian dividen, para pemegang saham UNVR tentu mengharapkan kebijakan dividen yang menguntungkan pada RUPST kali ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper