Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IHSG Naik Kuartal I/2024, Cek Saham-Saham Potensial Kuartal II/2024

Analis melihat terdapat beberapa saham yang menarik untuk dilirik pada kuartal II/2024.
Karyawati mengamati pergerakan harga saham di kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Bisnis/Arief Hermawan P
Karyawati mengamati pergerakan harga saham di kantor Mandiri Sekuritas, Jakarta, Selasa (19/3/2024). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak menguat 0,22% pada tiga bulan pertama 2024. Analis melihat terdapat beberapa sektor saham yang menarik untuk dilirik untuk melakukan rebalancing portofolio di kuartal II/2024.

Head of Research Kiwoom Sekuritas Sukarno Alatas menuturkan beberapa sektor cukup menarik untuk dilirik pada kuartal II/2024. Seperti misalnya sektor konsumsi yang diperkirakan akan tetap menjadi sektor defensif yang menarik, di tengah kondisi ekonomi global yang tidak pasti. 

Kemudian sektor energi dengan potensi kenaikan harga menjelang cum date dividen, dengan jadwal pembagian dividen di kuartal II/2024 seperti PTBA. 

"Lalu sektor infrastruktur yang didorong oleh program pembangunan pemerintah," kata Sukarno, Kamis (28/3/2024). Terakhir adalah sektor keuangan dengan kinerja yang tumbuh dan dengan valuasi saham yang menarik.

Sukarno mencermati arah dan minat investor pada kuartal II/2024 akan cenderung memilih saham-saham dengan fundamental yang kuat dan prospek pertumbuhan yang jelas. 

Selain itu, lanjutnya, investor juga akan memperhatikan faktor-faktor seperti valuasi, dividen, dan risk-reward ratio dari saham-saham yang ada di Bursa. Sementara itu, Sukarno melihat investor asing akan lebih selektif dalam berinvestasi di Indonesia.

Adapun Sukarno melihat terdapat beberapa sentimen yang perlu diwaspadai pada kuartal II/2024. Sentimen tersebut seperti fenomena sell on may, inflasi, ketidakstabilan politik, tensi geopolitik, perang dagang, perlambatan ekonomi global, dan pelemahan rupiah.

Sementara itu, kata Sukarno, beberapa peluang yang akan datang di kuartal II/2024 adalah potensi penurunan suku mulai semester II/2024, pemulihan ekonomi Indonesia, dan peningkatan investasi pemerintah.

Beberapa top picks Kiwoom Sekuritas untuk kuartal II/2024 meliputi saham ICBP dan INDF di sektor konsumsi, PTBA dan AKRA di sektor energi, TLKM di sektor infrastruktur, serta BBNI, BBTN, BFIN, dan TUGU di sektor perbankan.

Sebagai informasi, terdapat beberapa sektor yang menguat di kuartal I/2024 seperti IDX Energy naik 1,03%, IDX Consumer Non-Cyclical naik 0,32%, dan IDX Financials naik 4,87%.

--------------

Disclaimer: berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper