Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi Sparepart Kapal, Grup PIS Kerja Sama dengan Damen Belanda

Entitas Grup PIS menjalin kerja sama dengan Damen Schelde Marine Services Pte Ltd (DSMS) dalam penyediaan marine sparepart.
PT Pertamina International Shipping.
PT Pertamina International Shipping.

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) menjalin kerja sama dengan Damen Schelde Marine Services Pte Ltd (DSMS) dalam penyediaan marine sparepart. PTK merupakan entitas usaha PT Pertamina International Shipping (PIS).

PME telah lakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Damen Schelde Marine Services Pte Ltd (DSMS) yang merupakan bagian dari Damen Group pada Kamis (14/3/2024) lalu di Kantor Pusat DSMS yang bertempat di Singapura.

Kerja sama yang dilakukan PT Pertamina Marine Engineering (PME) dengan DSMS ini mencakup penyediaan marine sparepart dengan kualitas engine maker standard. Hal tersebut dilakukan PME sebagai terobosan dan inovasi terbaru, serta harapan akan peningkatan kualitas dengan standar internasional.

“Kerjasama yang dilakukan antara PME dan DSMS ini menjadi sebuah terobosan baru dan semangat ekspansi bagi PME untuk melebarkan sayap khususnya dalam penyediaan marine sparepart dengan standar internasional. Hal ini merupakan kabar yang sangat baik tentunya,” ujar VP Legal & Relations PTK Sonny Mirath, dalam siaran pers Rabu (27/3/2024).

MoU ini juga mengukuhkan posisi PME menuju perusahaan marine engineering center dengan standar internasional yang menyediakan berbagai kegiatan engineering seperti dredging, salvage, under water services, waste management, fresh water provider, serta Engineering, Procurement and Construction (EPC).

Selain itu, penandatangan MoU ini juga menjadi batu loncatan bagi PME untuk memulai kerjasama bertaraf Internasional sekaligus menjadi penyedia marine sparepart untuk menunjang kehandalan armada kapal Pertamina Group dan perusahaan pelayaran lainnya di tanah air.

Hingga saat ini, PME menjadi perusahaan marine engineering di Pertamina Grup yang telah mengantongi izin usaha berbagai pengerjaan marine services dan mengelola 2 galangan kapal yaitu Dockyard Sorong dan Dockyard Bagus Kuning, Palembang. Dimana dockyard tersebut memegang peranan penting dalam perbaikan kapal di wilayah barat dan timur Indonesia.

Latar belakang Damen Group sendiri merupakan produsen marine sparepart (khusus vessel engine) yang berpusat di Belanda dan memiliki 18 shipyard tersebar dari Eropa hinga Uni Emirat Arab. Damen Shipyards Grup juga meupakan perusahaan yang telah memiliki lebih dari 50 galangan kapal, tempat reparasi, serta perusahaan terkait. Sejak dibentuk, perusahaan ini telah merancang dan membangun lebih dari 5.000 kapal dan mengirimkan lebih dari 150 kapal setiap tahunnya.

Sonny Mirath mengatakan bahwa PME dan DSMS tentunya akan menjalankan rencana selanjutnya dalam membangun skema keberlanjutan bisnis dalam proses penyediaan marine sparepart di Pertamina Group & Perusahaan Pelayaran Domestik serta memasuki pasar Oil & Gas Company dalam cakupan Asia Tenggara.

“Kerjasama ini merupakan langkah strategis PME dalam memperkuat berbagai aspek, mulai dari brand positioning hingga seluruh aktivitas bisnis sebagai jasa penunjang pada kegiatan usaha migas, khususnya menyediakan marine sparepart. Juga membuka peluang dalam melakukan ekspansi di wilayah Asia kedepannya,” pungkas Sonny Mirath. (Fasya Kalak Muhammad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper