Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bank Jepang Kerek Suku Bunga, Bursa Asia Fluktuatif

Bursa Asia cenderung berfluktuasi pada perdagangan Selasa (19/3/2024) setelah peningkatan suku bunga Bank of Japan (BOJ).
Bursa Asia cenderung berfluktuasi pada perdagangan Selasa (19/3/2024) setelah peningkatan suku bunga Bank of Japan (BOJ). / Bloomberg.
Bursa Asia cenderung berfluktuasi pada perdagangan Selasa (19/3/2024) setelah peningkatan suku bunga Bank of Japan (BOJ). / Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA - Bursa Asia cenderung berfluktuasi pada perdagangan Selasa (19/3/2024) setelah peningkatan suku bunga Bank of Japan (BOJ). Di sisi lain, investor masih waswas jelang rapat Federal Reserve (FOMC).

Per pukul 14.20 WIB, Nikkei 225 naik 0,66%, Topix Tokyo naik 1,06%, Hang Seng Index Hong Kong turun 1,08%, Shanghai Composite Index turun 0,72%. Di sisi lain, dalam trading yang masih berlangsung, IHSG naik 0,51% ke 7.339.

Bank of Japan (BOJ) mengakhiri era suku bunga negatif setelah menaikkan suku bunga acuan untuk pertama kalinya dalam 17 tahun terakhir.

Mengutip Reuters, Selasa (19/3/2024), BOJ menetapkan suku bunga overnight call sebagai suku bunga kebijakan barunya dan memutuskan untuk menetapkan suku bunga tersebut pada kisaran 0-0,1% dengan membayar bunga 0,1% pada deposito di bank sentral.

"Ini akan menjadi kenaikan suku bunga pertama dalam 17 tahun, sehingga memiliki banyak makna simbolis," jelas kepala ekonomi Jepang di BofA Securities, Izumi Devalier, sebelum keputusan kebijakan BOJ.

Sementara itu, yen mendekati 150 setelah BOJ membuat perubahan kebijakan penting seperti yang diharapkan pelaku pasar.

Dalam minggu yang dipenuhi dengan pertemuan bank sentral di seluruh dunia, BOJ menandai era baru seiring dengan peralihan dari kebijakan moneter yang sangat longgar selama bertahun-tahun.

Gubernur BOJ Kazuo Ueda akan mengadakan konferensi pers pada pukul 06.30 GMT (16.30 WIB) untuk menjelaskan keputusan tersebut, dan para pedagang mencari petunjuk mengenai laju kenaikan suku bunga lebih lanjut.

"BOJ mengambil langkah tentatif pertama menuju normalisasi kebijakan. Pertanyaan besarnya adalah apa yang terjadi selanjutnya," Frederic Neumann, kepala ekonom Asia di HSBC.

Menurutnya, kemungkinan besar, BOJ akan mendapati bahwa mereka 'terjebak di titik nol', karena tidak mampu menaikkan suku bunga jangka pendek lebih jauh lagi pada kuartal mendatang."

Nikkei Jepang berombak, bergerak antara keuntungan dan kerugian, sementara yen melemah 0,39% menjadi 149,74 per dolar AS, menunjukkan poros penting telah diperhitungkan pasar setelah berminggu-minggu petunjuk kebijakan dan laporan media bahwa pergeseran akan segera terjadi.

Analis memperkirakan yen akan lebih dipengaruhi oleh keputusan kebijakan Federal Reserve, termasuk kapan dan berapa banyak penurunan suku bunga yang diproyeksikan oleh bank sentral AS pada tahun ini.

Selain itu, BOJ berjanji untuk mempertahankan kebijakan yang akomodatif dan para pedagang memperkirakan suku bunga akan tetap nol untuk beberapa waktu.

"Ketika The Fed mulai melonggarkan kebijakannya, BOJ mungkin perlu melanjutkan dengan ekstra hati-hati dengan pengetatan lebih lanjut untuk mencegah potensi penguatan yen yang merusak keuntungan yang diperoleh dengan susah payah dalam reflasi," kata Neumann dari HSBC.

Indeks MSCI yang mencakup saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,62%. Saham-saham China melemah, dengan indeks Hang Seng Hong Kong turun lebih dari 1%, sementara saham-saham unggulan (blue-chip) turun 0,3%.

Sementara itu, Bank sentral Australia mempertahankan suku bunga stabil pada hari Selasa seperti yang diharapkan, sambil mengurangi bias pengetatan dengan mengatakan bahwa mereka tidak mengesampingkan atau mengesampingkan kebijakan apa pun.

Meskipun pasar keuangan telah memperkirakan penurunan suku bunga bagi sebagian besar bank sentral besar lainnya yang dimulai sekitar bulan Juni, RBA adalah bank yang tidak memperhitungkan penurunan suku bunga pada pertengahan tahun.

Dolar Australia tergelincir 0,3% menjadi $0,65375 setelah keputusan tersebut. Aussie turun 4% terhadap dolar AS tahun ini.

The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil pada hari Rabu, dengan perhatian pasar tertuju pada proyeksi ekonomi dan suku bunga terbaru dari para pengambil kebijakan serta komentar dari Ketua Jerome Powell.

Laporan inflasi yang lebih kuat dari perkiraan pada minggu lalu menyebabkan para pedagang mengurangi perkiraan mereka terhadap penurunan suku bunga tahun ini, dan pasar kini memperkirakan pelonggaran sebesar 71 basis poin (bps) pada tahun ini. Pada awal tahun, para pedagang memperkirakan pemotongan sebesar 150bps.

Para pedagang memperkirakan peluang 54,7% bagi The Fed untuk memulai siklus pelonggaran moneternya pada bulan Juni, alat CME FedWatch menunjukkan, jauh lebih rendah dari ekspektasi sebelumnya.

“The Fed kemungkinan tidak akan memberi tahu kita apakah pemotongan pada bulan Juni adalah acuannya, namun akan terus menyatakan keyakinan bahwa pemotongan berulang kali masih diperkirakan terjadi pada tahun ini,” kata Erik Weisman, kepala ekonom dan manajer portofolio di MFS Investment Management. (Fasya Kalak Muhammad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper